Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
News

Buwas Sebut Stok Pangan Semakin Menipis Jelang Ramadan

Dewi Sari - 27/02/2020 15:41

Beritacenter.COM - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebutkan harga pangan seperti daging, minyak dan gula semakin menipis menjelang bulan ramadan dan lebaran.

Buwas saapan dari Budi Waseso menuturkan saat ini gudang Bulog hanya terisi beras dan 2000 ton daging. Menurutnya, saat ini stok pangan dinilai rawain dalam persiapan bulan ramadan.

"Ya sekarang yang tersisa hanya beras. Seandainya ada jagung juga tidak mencukupi. Artinya stoknya sangat kecil, minyak goreng juga tidak terlalu banyak, daging juga sudah habis, tinggal sedikit. Karena kita tidak mendapatkan lagi izin impor. Stok daging di Bulog tinggal sekitar 2.000 ton. Jadi itu sudah cukup rawan," ungkap Buwas di Gudang Bulog, Jakarta Utara, Kamis (27/2/2020).

Bulog sendiri tak punya penugasan dalam melakukan stabilisasi harga pangan selain beras. Sehingga, ketika harga gula, bawang putih, dan sebagainya naik seperti yang terjadi saat ini, Bulog hanya bisa berdiam diri.

"Tidak ada (penugasan). Makanya untuk stabilisasi gula, bawang, dan lain-lain kecuali beras Bulog tidak bisa berperan apa-apa," tutur Buwas.

Buwas menyayangkan kondisi saat ini. Terlebih lagi harga gula yang kurang stabil, Bulog mengusulkan untuk importasi 200.000 ton gula. Namun, hingga saat ini permintaannya belum digubris oleh pemerintah.

"Ya kan sekarang kenapa gula harganya tinggi karena kebutuhannya. Supply-nya terhenti, terhenti itu kan dari sebab-akibat, karena kekurangan. Termasuk tidak adanya tambahan impor, kan harusnya kita hitung memang kebutuhan. Impor tidak berdasarkan kuota, tapi kebutuhan. Harusnya kan begitu," paparnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA