Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Bisnis

Warganet Tercengang Dengan Kisah Tragis Dibalik Pembuatan Es Krim Aice

Indah Pratiwi - 27/02/2020 14:27

Beritacenter.COM - Media sosial diramaikan dengan seruan boikot produk es krim bermerek Aice dimana seruan itu datang dari para buruh pekerja di pabrik perusahaan es krim tersebut.

Hal ini disuarakan oleh Advokat Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM(PBHI) Sarinah menuliskan di akun twitter, @sherrrinn menjelaskan, bahwa perusahaan pabrik es krim Aice tersebut telah memperlakukan para buruh dengan tidak adil.

"Boikot Aice. Saya harus mengatakan ini karena perusahaan ini telah menggantikan pekerja yang memperjuangkan kondisi kerja lebih baik," tulisnya, Kamis(27/2/2020).

Dia menambahkan, ada 20 kasus keguguran hingga kematian bayi baru lahir menimpa pekerja wanita di pabrik perusahaan es krim Aice. Mereka para buruh semua dipaksa bekerja hingga malam hari dengan menghirup zat amoniak dan bahan kimia lainnya yang menyengat.

Negosiasi pernah dilakukan, kata dia, namun menemui jalan buntu lantaran para buruh mendapat upah yang sangat murah dengan tekanan kerja yang sangat tinggi.

"Negosiasi dan jalan prosedural sudah ditempuh, kita ambil jalan terakhir: boikot eskrim Aice. Kita tidak butuh makan eskrim yang memperlakukan buruh dengan tidak manusiawi," ungkapnya.

Seruan boikot Aice menjadi sorotan publik di media sosial. Warganet pun ada yang pernah mengaku bekerja di perusahaan tersebut yang mengkisahkan dukanya bekerja di perusahaan pabrik es krim Aice.

"Aku pernah kerja di gudang distributor Aice cabang Kudus. Manajernya nggak punya hati, main pecat saja punya salah dikit yang menurutku masih bisa ditoleran. Kebetulan staf sebelumku emailnya masih ada di laptop, aku langsung kontak dia, dia dipecat karena alasan nggak masuk akal," ungkap @sqeuidy.

"Sebagai mantan pegawai distributornya, diriku nggak kaget. Sekalian cek saja izin tinggal para bos yang orang Tiongkok itu," tutur @mbahgonk.

"True, temanku buruh Aice dan lagi hamil dan parahnya tetap disuruh kerja malam. Gila bener," kata @florentinaanna.

"Ya Allah padahal Aice eskrim favoritku juga tapi setelah lihat ini aku tidak mau beli lagi," ucap @ardrhm.

"Sebagai sobat misqueen, eskrimku pindah saja ke Ind*eskrim. Bye Aice! Pantesan murah, ternyata buruh yang ditumbalkan," ujar @irzanny_.




Berita Lainnya

Pasar Tanah Abang Akan Ditutup Sementara

26/03/2020 18:20 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA