Monday, 30 Mar 2020
Temukan Kami di :
News

Terungkap! Guru Digunduli Ternyata Kemauan Sendiri, Bukan Ulah Polisi

Anas Baidowi - 27/02/2020 10:43

FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Tiga guru tersangka susur sungai SMP N 1 Turi digunduli menuai polemik, polisi dikecam karena dinilai tindakannya berlebihan terhadap para guru tersebut.

Salah satu tersangka, Isfan Yoppy Andrian (36) angkat bicara meluruskan tudingan-tudingan yang diarahkan kepada aparat kepolisian. Yoppy mengaku gundulnya dirinya bersama 2 orang guru lainnya murni atas kemauan sendiri.

Menurut Yoppy, berpenampilan gundul itu dinilai akan memberikan keamanan pada dirinya agar tidak mudah dikenali.

"Ini murni kami yang minta, pada dasarnya demi keamanan karena kalau tidak gundul banyak yang melihat saya, dan itu mudah dikenali," katanya.

Sebagai tersangka kasus susur sungai yang menyebabkan 10 anak didiknya meninggal, Yoppi tidak ingin dibedakan dengan tahanan lainnya. Sebab di dalam sel semua tahanan berpenampilan sama.

"Di dalam sel itu kan gundul semua, jadi kami memang meminta, termasuk pakaian juga kami samakan kalau beda nanti saya juga takut. Tapi kalau di dalam penampilan kita sama dengan mereka, jadi melihatnya nggak terlalu bisa spesifik ke saya," tuturnya.

Sebelumnya, organisasi-organisasi profesi guru mengecam keras tindakan polisi mencukur gundul tiga tersangka tragedi susur sungai SMPN 1 Turi, Sleman. Polisi dianggap bertindak berlebihan.

Polda DIY segera melakukan pemeriksaan internal guna menanggapi cukur gundul para tersangka yang dipersoalkan.

Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah mengatakan, Propam Polda DIY sudah melakukan pemeriksaan. Ia menegaskan bahwa anggotanya melakukan penanganan hukum sesuai prosedural dengan penuh kehati-hatian.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA