Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Akibat Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Baharuddin Kamal - 26/02/2020 22:30 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Tanggul di Sungai Bungin, Kabupaten Bekasi, jebol. Jebolnya tanggul sepanjang 3,5 meter itu berdampak pada 150 kepala keluarga (KK).

Insiden ini terjadi pada Rabu (26/2/2020), sekitar pukul 02.00 WIB. Tumpahan air dari jebolnya tanggul itu menyebabkan pemukiman warga di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami banjir.

"Sekitar 3,5 meter jebolnya, ada sekitar 150 KK yang terdampak sehingga mereka harus mengungsi," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan dalam keterangannya, Rabu (26/2/2020).

Hendra menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, luapan air sungai itu membuat sejumlah akses jalan terputus dan merendam sawah milik warga.

"Air itu mengalir ke sawah, sehingga genangan airnya itu pun tidak radius airnya sekarang itu 500 meter karena luas penampangnya luas sehingga airnya tidak terlalu tinggi," kata dia.

Hendra menuturkan, pihaknya juga telah mendirikan posko untuk para pengungsi serta memberikan pelayanan kesehatan dan dapur umum.

"Posko menyediakan layanan kesehatan dan dapur umum untuk konsumsi bagi warga terdampak banjir," ujarnya.

Saat ini pihak kepolisian tengah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) guna melakukan tindakan pertama memperbaiki tanggul yang rusak dengan cara menempatkan 'geobag' di tanggul yang rusak sebanyak 150 unit.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA