Wednesday, 27 May 2020
Temukan Kami di :
Bisnis

CT Corps Chairul Tanjung Takut Virus Corona Bisa Merusak Ekonomi Dalam Negeri

Indah Pratiwi - 26/02/2020 14:52

Beritacenter.COM - Chairul Tanjung yang merupakan Chairman CT Corps terus memantau virus corona terhadap ekonomi domestik. Alasannya, hal itu perlu dipantau untuk mengetahui penurunan ekonomi China.

Chairul menjelaskan, jika ekonomi China turun 1 persen saja, maka akan berdampak pada perekonomian Indonesia yang ikut turun sebesar 0,3 persen. Dengan kata lain target pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen akan sulit tercapai.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi China diperkirakan turun 1,5 persen. Ahli ekonomi bilang setiap 1 persen penurunan di China akan berpengaruh 0,3 persen ke ekonomi Indonesia. Ini tentu akan jadi tekanan luar biasa," ungkap Chairul di acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2020, Rabu (26/2/2020).

Saat ini, kata dia, pemerintah sedang fokus menggenjot ekonomi pariwisata sehingga memberikan insentiv kepada para wisatawan agar tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke beberapa daerah Indonesia.

"150 juta wisatawan China berpindah dari China ke luar China. Indonesia dapatkan lebih dari dua juta turis China dan Bali dapatkan satu juta turis China. Tentu Indonesia sebagai bangsa yang kuat harus mampu mengatasi ini," imbuh Chairul.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan kebijakan fiskal untuk meredam dampak virus corona terhadap perekonomian domestik diantaranya memberikan diskon tarif untuk wisatawan lokal sebesar 30 persen ke 10 destinasi wisata Indonesia.

Destinasi wisata yang diberikan diskon harga tiket pesawat adalah Jogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, Danau Toba dan Bintan.




Berita Lainnya

Garuda Indonesia Dilarang Angkut Pemudik

06/05/2020 21:06 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA