Tuesday, 31 Mar 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Polisi Ringkus Kompolotan Pembobol Mesim ATM Lintas Jawa

Dewi Sari - 24/02/2020 18:23

Beritacenter.COM - Satresmob Polres Magelang berhasil menangkap dua orang pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) lintas Jawa yang sering meresahkan warga.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriani Sutisna menuturkan pelaku berjumlah lima orang. Dua ditangkap oleh Polda Jawa Tengah, satu ditangkap oleh Polda Metero Jaya Jakarta. Sedangkan dua orang lagi masih dalam pengejaran petugas.

"Dua sudah kita ringkus, untuk satunya ditangani oleh kepolisian di Jakarta terkait kasus penipuan juga. Dua orang lainnya masih buron," ujar Iskandar di Mapolda Jawa Tengah, Senin, 24 Februari 2020.

Ketiga pelaku yang berhasil diringkus, di antaranya Simyati alias SYT (40 tahun) sebagai penerima hasil kejahatan pencurian mesin ATM, Adang Subrana alias AD (40 tahun) sebagai pelaku yang mengambil barang hasil kejahatan dan membuka mesin ATM. Satu lagi yang ditangani oleh Polda Metro Jaya adalah Yanto sebagai driver.

"Ketiganya diringkus di rumah masing-masing di Kabupaten Badung pada Rabu 12 Februari 2020, sekitar pukul 16.00," ujarnya.

Sementara pelaku yang masih buron ialah Syaiful, otak dari pembobol ATM. Ia yang mempunyai ide atau gagasan, mengambil barang hasil kejahatan, menentukan sasaran, menyediakan alat, membagi uang hasil kejahatan. Satunya lagi berinsial Supardi sebagai pembuka mesin ATM.

Kelimanya sering melakukan aksinya di wilayah Jawa. Bahkan mereka ini adalah residivis tindak kejahatan pembobol ATM. Aksi terakhir mereka terjadi pada Selasa, 4 Februari 2020 lalu di ATM Bank Central Asia (BCA) yang berlokasi di sebuah toko oleh-oleh di Kabupaten Magelang.

"Awal ketemunya di dalam Lapas, kemudian saling membicarakan untuk kembali melakukan aksi kejahatan," katanya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti uang tunai berjumlah Rp82.238.000, sisa hasil kejahatan. Satu unit Daihatsu Luxio bernomor polisi B 1363 FRZ, satu unit KBM Honda SUPRA X 125, satu unit KBM Honda Beat. Kemudian, potongan bagian mesin ATM BCA terdiri dari potongan cover depan dan empat buah box penyimpan uang.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA