Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Edarkan Obat Terlarang, Klinik di Koja Digerebek Polisi

Dewi Sari - 22/02/2020 07:30

Beritacenter.COM - Sebuah klinik yang mengedarkan obat - obatan terlarang dan tanpa adanya izin usaha digerebek oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Utara. Dari hasil penggerebekan, polisi mengamankan 2 juta butr lebih obat keras ilegal.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan dari hasil penggerebekan ini polisi mengamankan satu orang dan barang bukti obat ilegal 2,5 juata butir.

"Ini pengungkapan sangat besar dengan jumlah hampir 2,5 juta (butir). Ada dua jenis obat yang memang tanpa adanya izin edar dan tidak memenuhi standar," kata Yusri, Jumat (21/2/2020).

Yusri menuturkan, dari total jutaan butir obat yang disita, hanya ada dua merk utama. Keduanya ialah obat penenang dengan merk Hexymer dan Trihexyphendidyl.

"Dua-duanya ini adalah obat penenang yang memang kadarnya tinggi. Tidak boleh diperjualbelikan bebas. Ini harus dengan resep dokter dan dokter pun memberikan resep ini tidak mudah," ucap Yusri.

Satu orang pelaku berinisal ZK sudah diamankan di Mapolres Metro Jakarta Utara. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 196 UU RI no. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Ancaman hukumannya 15 tahun penjara dengan denda Rp 1,5 miliar," ucap Yusri.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA