Sunday, 12 Jul 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Badan Antariksa Jepang Bakal Luncurkan Misi ke Bulan Milik Mars

Aisyah Isyana - 21/02/2020 19:35

Beritacenter.COM - Misi pendaratan wahana antariksa ke salah satu bulan milik Mars, Phobos, akan segera dilakukan badan antariksa Jepang, 'JAXA'. Rencananya, misi yang dinamai Martian Moons Exploration (MMX) itu dijadwalkan meluncur pada 2024 mendatang.

JAXA mengumumkan bahwa proyek MMX ini tengah dalam pengembangan pihaknya. Tim MMX itu disebut tengah merancang hardware dan software yang nantinya akan digunakan dalam misi itu, sebagaimana dikutip dari Cnet, Jum'at (21/2/2020).

MMX diperkirakan akan mencapai orbit Mars pada 2025, jika mereka meluncur sesuai jadwal yang direncanakan, yakni 2024. Wahana antariksa ini akan menghabiskan waktu tiga tahun untuk observasi dua bulan milik Mars, yakni Phobos dan Deimos.

MMX akan mendarat di permukaan Phobes dan mengambil sample dengan menggali dua cm permukaannya selama masa observasi tersebut. Rencananya, JAXA juga akan membawa serta robot penjelajah untuk mengelilingi permukaan Phobos, seperti halnya yang mereka luncurkan ke asteroid Ryugu 2018 silam.

MMX akan menjadi misi pertama mendarat di permukaan bulan Mars, jika misi itu berhasil diluncurkan. Misi ini juga akan menjadi misi pertama untuk mengirimkan sampel dari Mars kembali ke Bumi.

Sejatinya, bulan milik Mars ini, yakni Phobos, merupakan objek luar angkasa yang dinilai menarik bagi para ilmuwan antariksa. Pasalnya, belum diketahui apakah bulan ini diperangkap oleh gravitasi Mars atau terbentuk setelah ada objek raksasa yang menabrak Mars. Misi ini diharapkan akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

NASA yang turut tertarik dengan misi ini akan menyumbangkan dua instrumen penelitian. Chief Scientist NASA Jim Green mengatakan Phobos juga bisa menjadi pijakan untuk melihat potensi misi berawak ke Mars.

"Manusia secara realistis bisa menjelajahi permukaan beberapa objek dan Phobos dan Deimos ada di dalam daftar itu. Posisi mereka mengorbit sekitar Mars menjadikan mereka target utama untuk dikunjungi manusia terlebih dahulu sebelum mencapai permukaan Planet Merah, tapi itu hanya bisa terjadi setelah hasil dari misi MMX diselesaikan," kata Green dalam pengumuman resmi JAXA.

Sekedar diketahui, misi ke Phobos sejatinya bukanlah misi antariksa pertama. Sebelumnya, Uni Soviet pernah meluncurkan wahana Phobos 2 yang sayangnya gagal mencapai tujuan pada 1988 silam. Pada 2011, Rusi juga meluncurkan misi Phobos-Gunt yang juga gagal dan bahkan tak berhasil mencapai orbit Bumi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA