Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Dalami Kasus Proyek Fiktif, KPK Panggil Petinggi PT Waskita

Baharuddin Kamal - 21/02/2020 16:40 Gedung KPK.

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melayangkan surat panggilan kepada Direktur PT Waskita Realty, Tri Hartanto dan Mantan Direktur Keuangan PT Waskita Karya Danny Kusmanto. Mereka berdua dipanggil sebagai saksi terkait kasus dugaan suap pelaksanaan pekerjaan subkontraktor fiktif pada sejumlah proyek PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang menjerat Fathor Rachman.

"Jadi mereka dipanggil sebagai saksi untuk tersangka FR," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (21/2/2020).

Selain kedua Direktur tersebut, lanjut Ali, pihaknya juga memanggil dua pegawai PT. Waskita Karya, yang juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka FR. Mereka adalah, Dino Aria dan Agus Winarno.

"Mereka juga saksi untuk FR," jelas Ali.

Perlu diketahui, Dalam kasus ini KPK telah menetapkan dua orang tersangka yakni mantan Kadiv II PT Waskita Karya, Fathor Rachman (FR) dan mantan Kabag Keuangan dan Risiko Divisi II PT Waskita Karya, Yuly Ariandi Siregar (YAS). KPK menduga mereka bermain dalam proyek fiktif BUMN. Sedikitnya, ada 14 proyek infrastruktur yang diduga dikorupsi. Tak hanya di Jakarta, belasan proyek tersebut terebar di wilayah seperti Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.

Berdasarkan data dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Negara mengalami kerugian Rp 186 miliar. Atas perbuatannya, para tersangka terjerat Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1, Juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA