Tuesday, 31 Mar 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Mahfud Md Usul Polsek Tak Urus Pidana, Ini Tanggapan Bareskrim...

Baharuddin Kamal - 19/02/2020 19:45 Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

FOKUS : Polisi

Beritacenter.COM - Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar polsek tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Karena polsek ini sering pakai sistem target. Kalau tidak menemukan kasus pidana, lalu dianggap tidak bekerja," ungkap Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (19/2).

Menanggapi hal itu, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, meski cakupan wilayah polsek kecil, namun tetap diperlukan proses kegiatan penegakkan hukum.

"Ya kami mengikuti kabarnya saja. Saya kira kan di daerah terkecil, saya kira perlu ada penegakan hukum yang sederhana yang bisa diberlakukan di sana," kata Listyo Sigit, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Baca juga : 

Menurut Sigit, jika personel tingkat polsek bisa menangani perkara itu sah-sah saja dan jika masalah di wilayah polsek diserahkan ke polres, itu juga tak menjadi masalah.

Sigit menjelaskan, jika polsek memiliki kemampuan, tidak ada salahnya mereka melakukan urusan pidana. Namun, lanjut Sigit, jika tidak bisa boleh diserahkan ke polres.

"Tergantung (kondisi, red) geografisnya. Kalau memang polseknya mampu dan mempunyai penyidik, mereka boleh melakukan. Tapi kalau memang tidak mampu dan diserahkan ke polres, tidak jadi masalah," ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA