Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Ini Penjelasan BAPETEN Soal Bahaya Radiasi Radioaktif

Indah Pratiwi - 19/02/2020 06:10

Beritacenter.COM - Radiokaktif nuklir yang muncul di wilayah perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan(Tangsel) membuat pihak BAPETEN dan Badan Tenaga Nuklir Nasional(BATAN) melakukan pembersihan area di kawasan itu.

Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Bapeten, Abdul Qohar menyebutkan, radiasi cesium 137 sangat kecil di temukan di area lantaran telah bercampur dengan tanah yang tidak mudah menyebar dan tidak bisa melalui udara penyebaran.

Akan tetapi, kata dia, jika manusia terkena paparan radioaktif tersebut bisa merusak sel-sel tubuh manusia dan sel tubuh tersebut tidak dapat memperbaiki.

“Bukan hanya Cesium tapi nuklida (isotop) yang bermacam-macam jenisnya itu bahayanya sama, yang ada paparan radiasinya. di mana paparan radiasi bisa merusak sel-sel tubuh, jadi mungkin bisa mengakibatkan gangguan kesehatan,” ungkap Abdul.

Saat tubuh manusia tidak bisa memperbaiki sel yang rusak karena paparan radiasi radioaktif, sangat memungkinkan akan menimbulkan kematian.

“Kalau kita kena radiasi itu ada pertarungan di tubuh, artinya disitu ketika sel tubuh rusak sel tubuh tidak bisa lagi memperbaiki,” kata Abdul.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA