Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
Keuangan

Menkeu Siapkan Dana PBI BPJS Kesehatan, Ini Besarannya...

Indah Pratiwi - 19/02/2020 02:20

Beritacenter.COM - Pemerintah telah menyiapkan anggaran sekitar Rp48 triliun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk pembayaran premi peserta penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang jumlahnya 96,8 juta jiwa tahun ini.

"Dengan adanya kenaikan iuran, kami untuk 2020 sudah menganggarkan Rp48 triliun yang diharapkan mampu memberikan tambahan penerimaan dari BPJS Kesehatan sehingga dia bisa memenuhi kewajiban yang selama ini tertunda," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Komplek DPR-RI, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Saat ini pemerintah sedang merapikan data cleansing yang ada di Kementerian Sosial (Kemensos). Ini merupakan keinginan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang menginginkan agar kenaikan iuran BPJS Kesehatan bisa diikuti oleh rapihnya data cleansing Oleh Kementerian Sosial.

"Data cleansing yang ada di Kementerian Sosial menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, data tersebut nantinya akan menjadi penentu siapa saja yang masuk ke dalam peserta penerima bantuan iuran (PBI) atau yang disubsidi pemerintah atau tidak," paparnya.

Selain itu, anggaran yang disiapkan tersebut adalah untuk menambal keuangan BPJS Kesehatan yang diprediksi defisit Rp32,4 triliun pada akhir 2019.

 




Berita Lainnya

BI Dapat Suntikan dari The Fed

07/04/2020 20:41 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA