Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Bisakah Alat Pembersih Udara Melawan Virus Corona? Ini Jawabannya...

Indah Pratiwi - 18/02/2020 07:00

Beritacenter.COM - Virus Corona atau Covid-19 menjadi momok bagi masyarakat dunia. Berbagai upaya untuk menangkal penyebarannya telah dilakukan di antaranya memilih pembersih udara untuk meningkatkan kualitas oksigen dalam ruangan dan mencegah penularan virus.

Menurut peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China Feng Luzhao mengatakan, penjernih udara yang biasa digunakan di pasaran terdiri dari kipas dan alat penyaring. Di dalam tersebut ada kipas menghisap udara di rumah dan komponen penyaringan menyaring berbagai polutan melalui adsorpsi di alat itu untuk menguras udara yang disaring.

"Tidak ada persyaratan untuk tingkat pembunuhan virus atau mikroorganisme patogen lainnya. Jadi itu (pembersih udara) mungkin tidak menyaring virus," kata Feng Luzhao dilansir laman Giz China.

Alat enjernih atau pembersih udara hanya cocok untuk satu atau lebih polutan di udara. Bukan untuk melawan virus.

Ia menegaskan, saat ini hanya ada teknologi adsorpsi, teknologi ion negatif (positif), teknologi filtrasi efisiensi tinggi HEPA, teknologi pengumpulan debu elektrostatik, dan lainnya. Sebagian pembersih udara hanya menggunakan beberapa teknologi pemurnian dengan material yang sama. Jadi, pembersih atau pemurni udara memiliki tujuan tertentu tapi kinerjanya tak membunuh virus apapun.

 



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA