Friday, 03 Apr 2020
Temukan Kami di :
News

Begini Penjelasan Polisi Soal Adanya Radioaktif di Serpong

Indah Pratiwi - 18/02/2020 06:12

Beritacenter.COM -Penemuan paparan radioaktif di wilayah Tangerang tidak ada indikasi keterkaitan antara penemuan zat radioaktif di sebidang tanah di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan dengan aksi terorisme.

"Sementara kami tidak berkesimpulan ke sana (terkait aksi teror). Semua masih dalam proses penyelidikan," kata Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Pol Asep Adi Saputra kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Saat ini, kata dia, polisi masih melakukan penyelidikan temuan zat radioaktif itu. Asep menjelaskan pihak polisi masih mencari tahu apa yang menyebabkan wilayah tersebut terpapar radio aktif.

Pihak polri sendiri telah menerjunkan gegana dalam penyelidikan itu terkait dengan kemampuan tim di bidang radio aktif.

"Jadi kompetensi pada gegana itu, KBR (kimia, biologi, radioaktif)," lanjut dia.

Di lain tempat, pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir mengakui saat ini radioaktif nuklir ccosium kini sudah berkurang dari cosium 137 menjadi 130 mikrosievert perjam.

"Setelah dilakukan pengerukan 2 hari mulai 12-13 Februari 2020 turun menjadi 90 MikroSv/jam," ujar Qohhar, Senin (17/2/2020).

Sebelumnya, ditemukan zat radioaktif di salah satu lahan kosong di wilayah Serpong yang membuat heboh warga setempat. Sampai saat ini penanganan tersebut telah ditangani oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA