Friday, 27 Nov 2020
Temukan Kami di :
News

Bapeten Koordinasi dengan Polisi Usut Asal Muasal Limbah Radioaktif di Batan Indah

Aisyah Isyana - 16/02/2020 08:15

Beritacenter.COM - Berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Badan Pegawas Tenaga Nuklir (Bapaten) akan menyelidiki asal muasal penemuan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah Serpong, Tangerang Selatan.

"Kami memang berkoordinasi terus dengan pihak kepolisian. Mungkin besok kami koordinasi lebih detail," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, ketika dihubungi, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga : Ada Paparan Radioaktif di Area Perumahan Batan Tangsel, Warga Diimbau Tak Medekat

Indra menyebut pihaknya sebelumnya hanya fokus pada penanganan secara teknis, yakni bagiamana menjaga keselamatan warga akibat keberadaan radiasi. Setelahnya, Bapaten juga ikut mengumpulkan sejumlah hasil temuan untuk dijadikan alat bukti bagi kepolisian agar kasus dapat segera dinaikkan ke penyelidikan.

"Kemarin kami lebih ke isu teknis, bagaimana menjaga keselamatan karena radiasi, takutnya petugas kena," ujarnya.

"Setelah ini, nanti kami lihat dari yang kami temukan itu bisa diolah menjadi suatu barang bukti yang punya nilai di mata hukum. Kami akan melihat dengan pihak polisi karena mereka yang menentukan barang bukti ini bisa ditingkatkan levelnya untuk penegakkan hukum," sambungnya.

Sementara itu, Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan menyatakan kesiapan pihaknya untuk melakukan penyelidikan terkait temuan tersebut. Iman memastikan pihaknya akan bekerja sama dengan Bapaten guna mengusut kasus tersebut,

"Jadi kami sama Bapeten nanti sama-sama akan bekerja sama untuk mengetahui perihal permasalahan ini, itu saja," ungkap Iman.

Bapaten sebelumnya sempat menduga ada pihak yang sengaja membuang limhah radioaktif ini di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan. Guna memastikan hal itu, Bapeten akan melakukan investigasi terkait dugaan tersebut.

"Jadi intinya begini, perlu ditegaskan bahwa ini bukan kebocoran atau kejatuhan atau fall out, gitu. Semata-mata mungkin ini memang ada yang meletakkan, menaruh, membuang, atau apa pun. Kita akan menginvestigasi lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, Sabtu (15/2/2020).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA