Monday, 24 Feb 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Warga Diminta Jauhi Gunung Merapi Sejauh 3 KM

Indah Pratiwi - 13/02/2020 10:42

Beritacenter.COM - Erupsinya Gunung Merapi membuat warga diminta agar menjauhi gunung tersebut sejauh 3 kilometer. Hal ini langsung diimbau oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi(BPPTKG) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG).

"PVMBG merekomendasikan warga atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari puncak gunung," mengutip keterangan tertulis, Kamis (13/2/2020).

Berita Terkait: Gunung Merapi Semburkan Abu Setinggi 2 Ribu Meter

Meski demikian, Gunung Merapi masih berada di level 2 atau waspada. Masyarakat diminta untuk tetap waspada lantaran masih bisa berpotensi letusan eksplosif dengan melemparkan muntahan bebatuan vulkanik.

"PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung," mengutip keterangan tertulis.

Selain itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) kabupaten Magelang meminta jika terjadi hujan abu masyarakat agar segera memasang masker dan ikuti perkembangan informasi terpercaya dari pihak terkait atau pemerintah setempat.

"Kalau memang terjadi hujan abu, segera gunakan penutup hidung, bisa masker atau lainnya. Ikuti informasi dari BPPTKG. Warga tetap tenang meskipun selalu waspada," ucap Kepala BPBD Magelang Edy Susanto.




Berita Lainnya

Jakarta Banjir Lagi, 55 RW Tergenang Air

23/02/2020 08:50 - Anas Baidowi

Dua Truk Adu Banteng, Satu Orang Tewas

21/02/2020 13:39 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA