Monday, 25 May 2020
Temukan Kami di :
Nasional

MUI Desak Presiden Pecat Kepala BPIP Tidak Dengan Hormat

Anas Baidowi - 12/02/2020 19:13 Kepala BPIP Yudian Wahyudi

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak agar segera memecat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama.

"Jika benar pandangan dia seperti itu maka tindakan tepat presiden adalah memecatnya tidak dengan hormat," kata Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, Rabu (12/2/2020).

Abbas mengatakan, pemahaman Yudian bisa menjadi ancaman bagi negara. Abbas khawatir pemikiran Yudhian itu menjadi destruktif terhadap pengakuan agama dalam Pancasila.

Abbas juga mempertanyakan terkait agama yang dianggap sebagai musuh Pancasila. "Sila pertama mau dikemanakan, mau dibuang?." Menurutnya, jika sila perama tidak ada artinya tidak Pancasila dan negara bubar.

Abbas menilai, rakyat akan sulit memahami Pancasila karena BPIP memiliki cara pandang yang membahayakan.

Oleh karenannya, Ketua PP Muhammadiyah itu meminta demi kebaikan bangsa dan negara agar yang bersangkutan mundur atau dimundurkan.

"Karena kalau yang bersangkutan tidak diberhentikan dan tetap terus duduk disana maka BPIP ini sudah tentu akan kehilangan trust atau kepercayaan dari rakyat," imbuhnya.

Kepala BPIP sebelumnya mengatakan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingan sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

"Si Monoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalai kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," jelas Yudian.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA