Saturday, 26 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Diam-diam Menhan Prabowo Lirik Kapal Selam Siluman

Indah Pratiwi - 10/02/2020 09:51

Beritacenter.COM - Pemerintah Swedia sempat menawarkan alutsistanya kepada Indonesia dimana salah satunya adalah kapal selam A26 Kelas Gotland buatan pabrik Saab AB. Kapal selam tersebut kabarnya mampu tinggal di kedalaman laut dalam jangka waktu 18 hari.

"Kapal selam A26 punya sistem Kockums Stirling AIP (Air-Independent Propulsion) dan teknologi stealth terbaru yang diberi nama GHOST (Genuine HOlistic STealth). Ini yang membuatnya nyaris tidak terdeteksi saat di bawah air," kata Vice President Head of Saab Indonesia, Anders Dahl kepada awak media.

Diketahui, kapal selam tersebut menggunakan diesel elektrik dimana kapal selam itu sangat minim suara akan tetapi memiliki ketahanan luar biasa. Kapal selam siluman buatan Swedia itu menggunakan sistem Kockums Stirling AIP dengan memanfaatkan oksigen cair dan bahan bakar cadangan.

Kapal selam tersebut mampu menyerap gelombang suara yang mengenai lambung A26. Kapal selam siluman itu juga menggunakan karet peredam suara di tempat-tempat sensitif seperti ruang mesin.

"Saat itu kapal perang AL AS tidak mampu mendeteksi keberadaan A26. Apalagi, mereka mengerahkan kapal selam nuklir Kelas Ohio. Ini tentu reputasi A26 sudah diakui," ungkap dia.

Kabarnya, sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berencana ingin memborong kapal selam siluman buatan Prancis Scorpene. Kapal selam tersebut mampu membawa 31 kru dan 9 tim pengawas. Selain itu kapal selam buatan Prancis tersebut juga dilengkapi AC, tempat tidur lipat dan sistem security yang canggih.

Kapal selam siluman Prancis Scorpene juga dapat menahan torpedo dan rudal dari laut maupun permukaan lantaran memiliki teknologi stealth alias siluman sehingga musuh akan kesulitan mendeteksi keberadaan kapal selam tersebut.

 




Berita Lainnya

Akhir Pekan, Prediksi Cuaca di Jakarta

26/09/2020 07:00 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA