Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Rencana Pemulangan WNI Eks ISIS, Mahfud Md: Saya Tak Setuju, Itu Ngaco!

Lukman Salasi - 06/02/2020 17:01

BeritaCenter.COM – Mahfud Md secara pribadi menegaskan tidak setuju dengan rencana pemulangan terhadap 660 WNI mantan anggota ISIS dari Suriah. Bahkan Mahfud menyebut rencana pemulangan itu sebagai tindakan ngaco.

"Kalau Anda tanya ke saya, Mahfud, saya enggak setuju dipulangkan. Itu ngaco!," kata Mahfud Md di kantornya, Rabu (5/2/2020) siang.

Menurut Mahfud, memulangkan eks ISIS dan kembali ke masyarakat tidak mudah dan butuh tahapan tertentu. Mahfud membayangkan, kelak ketika mereka sudah kembali ke masyarakat kemungkinan tak akan begitu saja diterima secara terbuka.

"Mereka akan dihindari, disindir, dicibir, ya jadi teroris lagi. Jadi, ya biar saja di luar kalau (pendapat) saya ya," ujarnya.

Tapi sikap pribadinya itu tidak lantas akan serta-merta diikuti oleh para pejabat terkait. Dia akan mempersilahkan masing-masing pejabat untuk menyampaikan argumentasi baik-buruknya.

"Saya ini demokratis orangnya, silahkan. Kami kaji bersama baik-buruknya."

Saat ini tim khusus yang dipimpin Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius tengah mengkaji opsi kebijakan yang akan diambil, memulangkan atau tidak.

Sebenarnya, berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Kewarganegaraan. Pasal 23 UU tersebut menyatakan bahwa WNI yang mengikrarkan diri untuk setia terhadap negara lain akan kehilangan kewarganegaraannya.




Berita Lainnya

ADIL DALAM LIHAT RUU HIP

30/06/2020 14:50 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA