Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Jamin Observasi WNI di Natuna Tidak Akan Bahayakan Warga Setempat

Lukman Salasi - 04/02/2020 13:30 WNI yang diobservasi di Natuna tengah olahraga bersama

BeritaCenter.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menegaskan bahwa pemerintah menjamin penanganan WNI di Natuna tidak akan membahayakan masyarakat setempat.

"Bahkan disamping menjamin secara resmi Bapak Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) tadi mengatakan menjaminkan badannya itu, menjaminkan badannya untuk bertindak lebih dulu dibandingkan dengan yang lain. Misalnya dalam menghadapi risiko-risiko itu jadi lebih tinggi daripada sekadar menjamin," kata Mahfud di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Menurut Mahfud, pemerintah akan menangani masalah tersebut secara cermat dan akan terus dikomunikasikan dengan masyarakat Natuna. Ia pun meminta warga Natuna tidak mudah percaya hoax.

"Kita punya posko-posko dan sebagainya untuk tidak percaya pada berita hoax yang biasanya memprovokasi, mengadu domba, dan mendramatisir masalah. Sebenarnya tidak ada apa-apa," ujarnya.

Akibat hoax, kata Mahfud, pemerintah daerah dan masyarakat Natuna dengan pemerintah pusat bisa terjadi kesalahpahaman.

Mahfud juga memastikan WNI yang dipulangkan dari China itu dalam keadaan sehat. Namun, kata dia, proses evakuasi WNI di Natuna tersebut untuk menempuh prosedur internasional.

"Semua yang sekarang ada di Natuna yang dipulangkan dari RRC itu dalam keadaan sehat, cuma untuk melaksanakan standar internasional maka dilakukan hal yang seperti sekarang ini, di mana dikarantina dulu, diperiksa setiap hari sampai sekian hari dengan catatan Menteri Kesehatan berada di paling depan di bidang ini," pungkas Mahfud.




Berita Lainnya

ADIL DALAM LIHAT RUU HIP

30/06/2020 14:50 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA