Monday, 03 Aug 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

BNN Banten Bongkar Peredaran 100 Kg Ganja Jaringan Lapas Berkedok Paket Manisan

Aisyah Isyana - 04/02/2020 11:51

Beritacenter.COM - Lima pengedar ganja jaringan salah satu lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Jawa Barat, berhasil ditangkap personel BNN Banten. Para pelaku memesan ganja seberat 100 kilogram di Aceh dari lapas, dan dikirim melalui jasa pengiriman ke Kota Tangerang.

Lima tersangka yang ditangkap BNN yakni, FB (23), SY (32), dan tiga tersangka lain di lapas Jabar berinisial TI (36), AN (29), dan AZ (37). BNN membongkar jaringan pengedar ganja ini di kantor jasa pengiriman yang berlokasi di Pondok Aren, Kota Tangerang, Selasa (28/1) lalu.

Baca juga : 

"Awalnya petugas mendapatkan informasi pengiriman lewat titipan kilat melalui 6 paket pengiriman," kata Kepala BNN Banten Brigjen Tantan Sulistyana, kepada wartawan di kantor BNN Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Selasa (4/2/2020).

Guna menyamarkan pengiriman barang haram itu, pelaku menyembunyikan ganja dengan ditutupi oleh manisan pala. Ganja-ganja itu disembunyikan diantara tumpukan manisan pala.

"Kita berkoordinasi dengan pihak jasa pengiriman, dua tersangka, yaitu FB dan SY ditangkap dan dilakukan penggeledahan paket dan ditemukan 100 bungkus ganja dengan berat total 100 kilo," jelas Tantan.

Kepada petugas, kedua pelaku mengaku jika barang haram itu milik tersangka TI dan AN. Ganja-ganja itu diketahui merupakan pesanan pelaku AZ, yang nantinya akan diedarkan di wilayah Jawa Barat.

"Pengendali ini dari salah satu lapas, karena pemilik dan pemesan dari sana," ujarnya.

Setelah mendapat informasi itu, BNN Banten berkoordinasi dengan Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM guna memindahkan pelaku yang berada di lapas di Jabar. Ketiga pelaku itu kemudian dipindahkan ke Lapas Klas 1 Serang.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kelima tersangka diancam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 111 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU Narkotika dengan ancaman hukuma mati sampai penjara seumur hidup.




Berita Lainnya

Curi Motor Demi Nikahi Janda, Syar Dicokok Polisi

03/08/2020 08:11 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA