Saturday, 15 Aug 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Presiden Jokowi Soal Evakuasi WNI di Wuhan : Tahapannya Sore Ini Kita Lakukan

Dewi Sari - 30/01/2020 16:14

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mengkaji untuk memproses evakuasi warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, China. Tahapan demi tahapan sudah dilakukan untuk mematangkan hasil yang maksimal.

"Menjajaki mengenai itu (evakuasi WNI-red). Tapi, juga tahapan-tahapannya baru sore ini kita lakukan. Kalau yang nanti evakuasi masuknya nanti seperti apa. Kemudian setelah dibawa ke sini, apakah kita karantina dalam jumlah banyak itu di mana," kata Jokowi usai menghadiri Rakornas Iptek di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

"Hal-hal seperti ini jangan dianggap gampang, disiapkan betul karena ini menyangkut virus," ucapnya.

Jokowi menuturkan proses evakuasi ini akan melibatkan TNI. Menurutnya, TNI memiliki kesiapan yang matang dari segi medis dan peralatan.

"Memang yang paling siap menurut saya memang dari TNI, yang berhubungan dengan kesehatan. Kita akan ada, apa misalnya tim RSPAD itu memang jauh lebih siap," ujarnya.

Sebelumnya, tiga pesawat TNI Angkatan Udara (AU) disiagakan untuk sewaktu-waktu mengevakuasi WNI di Wuhan, China. Kota tersebut merupakan wilayah terparah mewabahnya virus korona.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto, disiagakannya dua pesawat Boeing 737 dan satu C130 Hercules itu berdasarkan rapat dengan kementerian terkait. Selain itu, TNI menyiapkan personel dari Batalion Kesehatan.

Namun, TNI AU masih belum mengetahui kapan WNI akan dievakuasi. Pasalnya, keputusan itu akan diputuskan oleh pemerintah Indonesia.

"Kami kan hanya siap saja. Menunggu dari Kemenlu bisa tembus tidak ke pemerintah sana untuk agar kami bisa berangkat atau tidak, yang jelas TNI AU siap 24 jam," ujar Fajar.

 

 




Berita Lainnya

AROGANSI ANAK GELANDANGAN POLITIK

15/08/2020 15:49 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA