Saturday, 22 Feb 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Salurkan PKH Tahap I Rp 172 Miliar untuk Warga Bandung Raya

Baharuddin Kamal - 29/01/2020 19:29 Presiden Jokowi bagikan PKH di Cimahi.

Beritacenter.COM - Pemerintah memberikan bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I di Lapangan Rajawali, Kota Cimahi, Rabu (29/1). Dengan anggaran sebesar Rp 172 miliar.

Acara tersebut diikuti oleh 2.500 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berasal dari Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan bantuan tersebut untuk hal konsumtif.

"Uang PKH boleh untuk membayar sekolah, beli buku, beli tas sekolah serta beli sepatu sekolah. Tidak boleh untuk beli pulsa, hati-hati. Bisa digunakan untuk membeli lauk pauk seperti daging, sayur maupun buah. Itu sudah jadi gizi baik bagi anak-anak kita," ujarnya.

Tak hanya itu, bantuan tersebut bisa digunakan untuk tambahan modal usaha. Jika masih kurang, pemerintah juga telah menyiapkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kalau untuk urusan modal Rp1-3 juta bisa ngambil UMi atau Mekkar. Tapi kalau sudah menginjak Rp20-25 juta bisa KUR, sehingga kita bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga," jelasnya.

Perlu diketahui, anggaran program PKH yang dikeluarkan Kementerian Sosial untuk tahun 2020 sebesar Rp29,3 triliun. Sejauh ini, serapan hingga pertengahan Januari sudah mencapai 24 persen. Sedangkan total bantuan PKH Tahap I yang disalurkan pada saat kegiatan presiden sebesar Rp172 miliar.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menjelaskan PKH diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan dan nutrisi keluarga sekaligus mendukung program nasional pencegahan stunting.

Pihaknya sudah melakukan perbaikan kualitas program dan memasukkan kegiatan terkait pencegahan stunting melalui PKH. Semua disinergikan dengan indeks bansos yang meningkat. Kategori ibu hamil dan anak usia dini yang semula masing-masing menerima Rp2,4 juta menjadi Rp3 juta.

Selebihnya, indeks bantuan untuk komponen pendidikan anak SD sederajat Rp900.000 per tahun, siswa SMP sederajat sebesar Rp1,5 juta per tahun, siswa SMA sederajat Rp 2 juta per tahun, penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun dan untuk lanjut usia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta per tahun.

"Indeks Bansos PKH 2020 dengan kebutuhan keluarga pada aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial sehingga jumlah bantuan yang nanti diterima KPM menjadi bervariasi tergantung komponen yang dimiliki dengan pembatasan maksimal untuk 4 orang per keluarga," pungkasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA