Monday, 24 Feb 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Dewi Sari - 29/01/2020 18:30

Beritacenter.COM - Melinjo merupakan makanan yang sering kita jumpai di pasar. Biasanya makanan ini digunakan untuk bahan sayuran dan bahan baku emping.

Tak hanya itu, kulitnya juga biasa dimasak sebagai sayur.Dalam karya buku Gnetum gnemon (gnetum) oleh Manner HI, Elevitch, Inggris, bahwa kulit melinjo merupakan rahasia umum kepintaran bangsa Israel.

Di sisi lain, kulit melinjo ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari berbagai sumber berikutmanfaat kulit melinjo untuk kesehatan:

1. Sebagai Antioksidan

Selama ini banyak yang terdoktrin bahwa antioksidan yang tinggi bisa diperoleh dengan konsumsi berbagai jenis buah jeruk karena terkenal akan tingginya vitamin C. Kali ini Anda bisa menambahkan kulit melinjo dalam daftar belanjaan berikutnya.

Sebab, kulit melinjo bisa memenuhi antioksidan dalam tubuh karena mengandung vitamin C dan likopen. Aktivitas antioksidan dari kandungan fenolik pada melinjo setara dengan antioksidan sintetik Butylated Hydroxytolune (BHT), menurut Pudjiatmoko 2007.

Likopen dari kulit melinjo dapat Anda gunakan sebagai pewarna makanan alami. Serta manfaat likopen selanjutnya, yakni berperan sebagai antioksidan, yang selanjutnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sakit jantung, mencegah kanker, diabetes, katarak, penuaan kulit, bahkan cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan kesuburan.

Hasil uji coba dari 'Pengembangan Rekayasa dan Teknologi', oleh Sani dkk terhadap kulit melinjo memperlihatkan, bahwa pigmen merah antosianin kulit melinjo bersifat antioksidan dan lebih aman dibandingkan dengan pigmen sintetik.

Tidak terjadi penurunan aktivitas antioksidan pada ekstrak melinjo meskipun antioksidan bersifat rentan terhadap panas. Hal tersebut dikarenakan kandungan flavonoid pada melinjo cukup stabil pada pemanasan sampai suhu 100oC selama lebih dari 30 menit, Harborne, 1996. Hasil penelitian aktivitas antioksidan ekstrak melinjo baik biji, daun, maupun kulit.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat kulit melinjo untuk kesehatan selanjutnya ialah mampu menjaga kesehatan otak. Sebagai organ tubuh yang paling utama dan mengatur segala aktivitas sebagai pusat berpikir. Perlunya kita menjaga kesehatan otak demi mencegah fungsi saraf tidak bekerja dengan semestinya.

Kulit melinjo yang mampu menangkal radikal bebas tadi, akan mempengaruhi fungsi saraf dan otak. Kandungan zat mangan sebagai pengantar sinyal sistem saraf, serta membantunya mengantar sinyal menjadi lebih optimal.

3. Memelihara Kepadatan Tulang dan Gigi

Sebagian besar masyarakat akan memenuhi kebutuhan gizi demi menjaga kepadatan tulang dan gigi, biasanya dengan susu. Namun ternyata Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan konsumsi kulit melinjo.

Beruntunglah bagi Anda yang alergi atau memiliki sistem pencernaan yang tidak kuat dengan susu. Kalsium dan fosfor yang terkandung dalam kulit melinjo baik untuk mencegah osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat kulit melinjo berikutnya ialah baik untuk jaga kesehatan ginjal. Kandungan copper atau mineral minor, senyawa seng, dan fosfor dari kulit melinjo sangat baik untuk ginjal.

Fosfor tadi akan menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang, mengatur kadar garam dan lemak, dan membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh.

5. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Mengutip dari hellosehat.com, bahwa zat mineral lain yang terdapat pada kulit melinjo sangat baik untuk masa pertumbuhan anak. Anda bisa mendapatkan zat mikro mineral atau copper, selain dari buah pir juga bisa dari kulit melinjo.

Kekurangan copper bisa menyebabkan jaringan aan sel tubuh menjadi mati dan tidak berkembang. Selain itu, manfaat kulit melinjo akan membantu sistem kerja otot dan tulang, serta menjaga kesehatan jantung.

Kolaborasi antara kalsium, vitamin C, dan protein dari kulit melinjo dapat digunakan untuk memperbaiki dan membentuk otot.




Berita Lainnya

Serangan Jantung Usia Muda, Ini Penyebabnya

22/02/2020 08:59 - Anas Baidowi

Inilah 5 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari

22/02/2020 08:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA