Wednesday, 26 Feb 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

Heboh! Dua Benda Peninggalan Kerajaan Ditemukan di Sleman

Baharuddin Kamal - 29/01/2020 14:30 Dua benda bersejarah yang ditemukan pekerja bangunan di Sleman.

Beritacenter.COM - Seorang pekerja bangunan dikejutkan dengan temuan dua benda bersejarah saat sedang menggali lubang di area tanah kas Desa Widodomartani, Dusun Kalijeruk ll RT 01/RW 04 Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Benda sejarah berjenis arca Nandi dan Agastya itu ditemukan pada Selasa (28/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Awalnya pekerja tersebut menemukan satu arca terpendam. Lalu, ketika menggali lagi, pekerja ini menemukan arca lainnya. Temuan benda bersejarah itu kemudian dilaporkan ke pihak perangkat desa dan polisi.

"Sekitar jam 11.00 WIB saat operator menggali sedalam 4 meter tiba-tiba backhoe tersebut menyentuh benda seperti batu. Namun, setelah dinaikkan ternyata batu tersebut berbentuk arca," ujar Kapolsek Ngemplak Kompol Wiwik Hari Tulasmi, Rabu (29/1/2020).

Wiwik menjelaskan, arca berbentuk sapi yang ditemukan memiliki panjang sekitar 60 sentimeter dan tinggi 40 sentimeter. Sedangkan arca berbentuk manusia diketahui memiliki panjang sekitar 30 sentimeter dan tinggi 80 sentimeter.

Saat ini proses pembuatan saluran air di lokasi penemuan benda itu di berhentikan sementara. Pihak kepolisian pun tengah melakukan koordinasi dengan BPCB DIY terkait temuan tersebut.

"Sementara arca diamankan di Polsek Ngemplak. Nanti akan kita serahkan ke BPCB DIY," ungkap Wiwik.




Berita Lainnya

Permukaan Air di BKT Nyaris Meluap ke Jalan

25/02/2020 16:22 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA