Sunday, 20 Sep 2020
Temukan Kami di :
News

Siarkan Kebohongan dan Buat Onar, Petinggi Sunda Empire Terancam 10 Tahun Bui

Aisyah Isyana - 29/01/2020 10:35

Beritacenter.COM - Polda Jabar menetapkan tiga orang sebagai tersangka terkait kemunculan Sunda Empire. Ketiga petinggi Sunda Empire ditetapkan sebagai tersangka lantaran telah menyiarkan berita bohong yang menimbukan keonaran di masyarakat.

Petinggi Sunda Empire yang ditetapkan tersangka oleh polisi yakni, Nasri Banks selaku Perdana Menteri atau Grand Prime Minister, Rd Ratna Ningrum selaku kaisar atau ibunda ratu agung dan Raden Rangga alias HRH Rangga sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire.

Baca juga :

Penetapan tersangka terhadap ketiganya dilakukan usai penyidik Subdit I Direktorat Reserse Kriminal Umum melakukan penyelidikan dan penyidikan. Ketiganya dikenakan Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-undang nomor 1 tahun 1946.

Adapun dalam Pasal 14 Undang-undang Nomor 1 tahun 1946 disebutkan, barang siapa dengan sengaja menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat dihukum setingi-tingginya 10 tahun.

Sementara dalam Pasal 15 undang-undang tersebut disebutkan, barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat dihukum setingi-tingginya 2 tahun.

Kabid Humas Polda Jabar turut membenarkan jika ketiganya dikenakan pasal tersebut. Dalam hal ini, hasil keterangan ahli dan alat bukti penyidik berkesimpulan telah memenuhi unsur pidana.

"Dari seluruh keterangan, penyidik telah melakukan gelar perkara dari hasil keterangan ahli dari alat bukti penyidik berkesimpulan memenuhi unsur pidana sesuai Pasal 14 dan atau Pasal 15," kata Erlangga di Mapolda Jabar, Rabu (29/1/2020).




Berita Lainnya

Ketua KPU Positif Terpapar Virus Corona

19/09/2020 12:00 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA