Saturday, 08 May 2021
Temukan Kami di :
Nasional

BNPB Ingatkan Pejabat Agar Terus Siaga di Musim Hujan Begini

Lukman Salasi - 23/01/2020 12:41

BeritaCenter.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ingatkan para pejabat agar terus siaga dan waspada di musim penghujan saat ini agar dapat melakukan penanganan dan pencegahan bencana.

Hal ini sampaikan Kepala BNPB Doni Monardo saat berbicara mengenai early warning system bencana di RI, Kamis (23/1/2020).

"Ya tergantung keseriusan para pejabat yang bersangkutan, ya. Jadi, tanpa ada keseriusan, tanpa ada fokus bekerja, menahan pintu air akan susah," kata Doni.

Dia meminta para pejabat tersebut lebih peduli terhadap upaya penanganan atau pencegahan sebelum bencana. Menurut Doni, hal tersebut harus dipelajari secara spesifik hingga ke ranah teknisnya.

"Seluruh pejabat diharapkan lebih peduli terutama dalam menghadapi musim-musim hujan begini. Kalau perlu, tidurnya dikurangi, siaga terus, koordinasi hulu dengan hilir. Bagaimana ada hujan, bagaimana curahnya, lebat atau nggak, kemudian setiap pintu air kan ada data tentang tinggi permukaan air, itu diinformasikan," sambungnya.

Doni juga mengingatkan agar masyarakat tidak terpengaruh oleh berita yang simpang siur atau berita bohong. Dia meminta para pejabat tersebut juga memperhatikan segala informasi yang ada di masyarakat.

"Bentuk grup-grup WhatsApp ya untuk mendapatkan data yang benar. Jangan terpengaruh oleh hoax-hoax, berita-berita bohong, sehingga masyarakat juga mendapat informasi yang akurat," ucapnya.

Dia mengatakan beberapa fenomena di Indonesia, mulai angin kencang hingga abrasi pantai, juga perlu diperhatikan. Kondisi tersebut hanya dapat ditangani dengan keseriusan para pejabat terkait dan masyarakat secara umum.

"Ini harus ada sebuah keseriusan untuk membersihkan semua drainase, terutama gorong-gorong ya, sungai-sungai kecil, anak sungai, tidak boleh ada sampah," ungkap Doni.




Berita Lainnya

Membangun Solidaritas Kemanusiaan

07/05/2021 16:00 - Indah Pratiwi Budi

Peran Perempuan dalam Memerangi Hoaks

07/05/2021 15:00 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA