Wednesday, 26 Feb 2020
Temukan Kami di :
News

KPK Periksa Saksi-saksi Kasus Mantan KPU Wahyu Setiawan

Indah Pratiwi - 22/01/2020 07:01

Beritacenter.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami informasi dari pengacara sekaligus politikus PDIP, Donny Tri Istiqomah mengenai aliran dana suap yang menyeret mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan hingga mantan caleg PDIP, Harun Masiku.

"Penyidik mendalami terkait dengan pemberian uang oleh tersangka Sae (Saeful) kepada WS (Wahyu Setiawan) dan mengonfirmasi barang bukti yang telah dilakukan penyitaan secara sah oleh Penyidik," ujar Plt Jubir KPK, Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Dia menjelaskan, salah satu sempat terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Rabu (8/1/2020) dalam kasus ini. Namun Donny dilepaskan dan kini berstatus sebagai saksi.

Saat ini, penyidik mendalami mengenai uang Rp400 juta dalam pecahan mata uang asing yang rencananya diserahkan Agustiani Tio Fridelina kepada Wahyu.

"Kita fokus kepada adanya pemberian uang barang bukti yang ada, jumlahnya Rp400 juta dan bentuknya Dollar Singapura serta ada dugaan uang yang diterima ke buku tabungan," jelasnya.

Saat ini, kata dia, KPK melakukan pendalaman - pendalaman terhadap barang bukti yang telah diamankan oleh lembaga antikorupsi itu. Pendalaman itu juga diseldiki lebih jauh kepada saksi-saksi yang dipanggil KPK hingga saat ini.

"Ya kita lihat perkembangan yang ada. Tentunya kan nanti, kan masih panjang. Kan baru hari ini kita memulai pemeriksaan saksi. Masih beberapa saksi yang akan kita hadirkan tentunya sesuai dengan kebutuhan penyidik. Jadi ya teman-teman nanti bisa mengikutinya, karena nanti akan kita sampaikan perkembangannya," tuturnya.

Dalam hal ini KPK juga memeriksa tersangka Wahyu Setiawan dan mantan anggota Bawaslu sekaligus mantan caleg PDIP Agustiani Tio Fridelina.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA