Wednesday, 01 Apr 2020
Temukan Kami di :
Keuangan

IMF Beri Peringatan Pada Negara-negara di Dunia

Indah Pratiwi - 22/01/2020 06:30

Beritacenter.COM - International Monetary Fund(IMF) atau Dana Moneter Internasional memprediksi pertumbuhan global tahun ini akan lebih menantang untuk negara-negara di dunia khususnya para pelaku usaha.

Hasil proyeksi terbaru, IMF memperkirakan pertumbuhan tahun ini hanya 3,3 lebih rendah pada Oktober yang sebesar 3,4 persen. Untuk pertumbuhan global pada tahun 2021 hanya 3,4 perse sebelumnya 3,6 persen.

IMF menyatakan, beberapa faktor pendorong pertumbuhan ekonomi global adalah tumbuhnya indeks manufaktur di banyak negara yang kemudian kebijakan monoter itu relatif longgar serta kuatnya kerjasama multilateran di bidang keuangan.

IMF sendiri memprediksi masih ada beberapa hal yang harus diwaspadai. Diantaranya kesepakatan baru perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China yang menandai mulai meredanya perang dagang kedua negara. Akan tetapi, perlu diwaspadai adalah tensi geopolitik antara AS-Iran serta manajemen bencana yang dituntut agar lebih baik. Alasannya, musibah bencana diperkirakan menyedot dana tidak sedikit untuk pemulihan perekonomian.

“Kita belum mencapai titik balik saat ini,” kata Direktur Operasional IMF Kristalina Georgieva dalam konferensi pers menjelang World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss. “Realitasnya adalah per tumbuhan global tetap melambat,” imbuhnya.

IM sendiri memastikan, pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi melambat itu disebabkan risiko dari ketegangan perdagangan sehingga menyebabkan iklim bisnis dipenuhi dengan ketidak pastian di tahun 2020 dan 2021, penurunan pertumbuhan ekonomi salah satunya disumbang oleh India dan negara-negara berkembang lainnya.

“Perang dagang juga akan memperlambat ekspor dan investasi serta menyebabkan ekonomi global hanya mengalami pertumbuhan 2,9% dan itu menjadi fase paling lambat sejak krisis keuangan global,” ujar Georgieva.




Berita Lainnya

Suku Bunga Acuan Diturunkan Bank Indonesia

19/03/2020 16:16 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA