Monday, 17 Feb 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Mau Diet? Ini 6 Cara Agar Perut Kamu Terasa Kenyang Meski Makan Sedikit

Aisyah Isyana - 22/01/2020 02:32

Beritacenter.COM - Menjaga agar tubuh tetap ideal salah satunya dapat dilakukan dengan cara menjaga berat badan dan membatasi porsi makanan. Meski begitu, tak jarang dengan membatasi porsi makanan malah membuat perut merasa kurang kenyang dan kembali lapar.

Jika porsi makan terlalu sedikit, perut akan kembali merasa lapar sehingga tak jarang kita akan makan dengan porsi yang lebih banyak. Alhasil, hal itu malah berdampak buruk pada diet yang tengah dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Pakar diet dari NY Nutrition Group, Chelsea Oarr, RD, CDN, membeberkan sejumlah cara yang dapat kamu lakukan guna menjaga asupan makanan saat diet. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah cara buat perut kenyang walau makan lebih sedikit.

Minum Sebelum Makan

Oarr menyebut tubuh kita kerap menyalah artikan dehidrasi sebagai rasa lapar. "Sangat sering salah mengira dehidrasi sebagai rasa lapar," jelas Oarr.

Untuk itu, ada baiknya untuk minum air terlebih dahulu saat kamu merasa lapar agar perut dapat lebih terasa kenyang. Hal ini juga membuat air mengisi ruang di perut sehingga terdapat sinyal yang dikirim oleh perut menyatakan bahwa kamu kenyang.

Makanlah Secara Perlahan

Saat kamu sedang makan, ada baiknya aktivitas mengkonsumsi makanan tidak dilakukan secara terburu-buru. Ada baiknya makan secara perlahan dengan mengunyak dalam waktu yang sedikit lebih lama. Pasalnya, makan terburu-buru akan membuat tubuh tak mengenali rasa yang muncul saat kamu kenyang.

"Makan secara perlahan dan mengunyahnya dalam waktu lebih lama bisa membuat perut mengiring sejumlah sinyal pada otak untuk menyatakan ketika kamu kenyang," terang Oarr.

Konsumsi Sayuran Pendamping

Konsumsi sayur-sayuran dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hal itu terjadi lantaran kandungan air yang tinggi dalam sayuran, sehingga membuatmu merasa lebih kenyang. Sayur juga memiliki kandungan kalori yang rendah hingga bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak. andungan serat yang tinggi juga membuat kamu dapat merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi Makanan Berprotein

Seperti serat, protein juga lebih lama dicerna dan menggunakan lebih banyak energi. Hal ini bisa membuat perutmu tetap kenyang walau kamu hanya makan sedikit.

Kurangi Gangguan saat Makan

Makan dengan perhatian dan perhitungan tanpa gangguan bisa membantu kamu merasa tetap kenyang. "Gangguan seperti televisi bisa membuatmu makan sembarangan dan selanjutnya juga berakibat terlalu banyak minum," terang Oarr.

Ketika makan di depan TV, bisa saja kamu tidak menyadari saat perutmu kenyang sehingga akibatnya kamu jadi makan berlebih. Oleh karena itu sebaiknya makan secara hati-hati dan tanpa gangguan untuk mencegah masalah ini.

Lakukan berbagai cara tersebut untuk membuat kamu merasa lebih kenyang walau makan dalam porsi kecil. Selamat mencoba!

Cukup Tidur

Ketika kamu kurang tidur, kamu bakal lebih menginginkan untuk mengonsumsi gula demi meningkatnya energi. Konsumsi makanan ini bisa meningkatkan energi dan kemudian upayamu menurunkn berat badan jadi gagal.




Berita Lainnya

Perut Kembung ? Coba Lakukan 5 Cara ini

17/02/2020 09:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA