Saturday, 31 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Gratis! Korban Luka Bus Maut di Subang Bebas Biaya Pengobatan

Aisyah Isyana - 21/01/2020 05:55

Beritacenter.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Jasa Rahaja akan menanggung biaya pengobatan korban kecelakaan bus Purnama Sari. Ada 30 orang korban luka berat yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

"Semua biaya administrasi RSUI untuk menggunakan dari Jasa Rahaja. Kalau habis biaya dari Jasa Raharja bisa menggunakan dana bantuan sosial (Bansos) dari Pemkot Depok," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Enny, Senin (20/1).

Baca juga :

Enny mengatakan, skema pembiayaan yakni, tahap awal ditanggung Jasa Raharja hingga pagu maksimal yang telah ditentukan. Biaya selanjutnya akan ditanggung Pemerintah Kota Depok melalui bantuan sosial yang besarnya Rp 150 juta per orang per tahun.

"Bansos ini disesuaikan dengan Peraturan Walikota (Perwal) Depok," ucapnya.

Adapun rincian manifestasi korban kecelakaan sebanyak 59 orang yakni, delapan meninggal dunia, 33 korban ditangani di RSUI, satu korban di RS Sentra Medika, satu korban ke RS Mitra Keluarga Depok, 15 korban ke RSUD Depok, dan satu korban pulang sendiri dari Subang.

"Total korban termasuk sopir bus yang meninggal dunia dan kernet yang masih dalam perawatan medis," ucapnya.

Sejauh ini, terpantau kondisi korban yang dirawat di RSUD Depok, RS Universitas Indonesia (UI) dan rumah sakit swasta lainnya, sudah mulai membaik. Untuk di RSUD Depok, jumlah korban yang dirawat hanya tersisa 3 orang dari total 13 pasien yang diterima.

"Mereka yang dirawat saat ini adalah pasien yang mengalami patah tulang dan cidera di bagian kepala," kata Humas RSUD Depok, Setya Hadi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA