Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
News

Karyawan Ditangkap Karena Terlibat Kasus Karhutla, PTPN V : Kita Dukung

Baharuddin Kamal - 20/01/2020 18:20 Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan.

Beritacenter.COM - Karyawan PT Perkebunan Nusantara V, Pekan Situmorang, telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan pribadinya. Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN V, Bambang Budi Santoso menegaskan pihaknya akan mendukung penuh penegakan hukum.

"PTPN V mendukung pihak kepolisian untuk menindak tegas dan melakukan penegakan hukum kepada siapapun yang melakukam pembakaran lahan, tidak terkecuali pihak yang bertanggung jawab pada kejadian 2019,"ujarnya, dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Senin (20/1/2020).

Bambang mengatakan, pembakaran lahan yang dilakukan Pekan Situmorang merupakan milik pribadinya. Sehingga kasus tersebut tidak ada sangkutpautnya dengan perusahaan PTPN V.

"Ditetapkannya karyawan PTPN V sebagai tersangka oleh Polres Siak, dikarenakan melakukan pembakaran milik pribadinya pada 14 Januari 2020. Bukan karena peristiwa karhutla yang terjadi masif pada tahun 2019," kata Bambang.

"Manajemen PTPN V menyesalkan pembakaran lahan tersebut, karena SOP pengelolaan kebun PTPN V tidak pernah menggunakan cara membakar lahan," tutup Bambang.

Sebelumnya diberitakan, Polres Siak di Riau menetapkan karyawan PTP Nusantara (PTPN) V menjadi tersangka kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pelaku membakar lahan pribadinya seluas satu hektare. Lokasi kebakaran lahan ini di Dusun Maju, Kampung Kuala Gasib, Kecamatan Koto Gasib.

"Tersangka atas nama Pekan Situmorang (53) karyawan BUMN PTPN V," kata Humas Polres Siak, Bripka Dedek, kepada wartawan, Senin (20/1).

"Tersangka awalnya membakar tunggul dan ranting kering di pinggir lahan sawit miliknya. Setelah beberapa menit, api semakin menyebar dan membesar hingga membakar kurang lebih satu hektare," kata Dedek.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA