Friday, 02 Oct 2020
Temukan Kami di :
Peristiwa

BPBD Lamongan Evakuasi Sarang Tawon Sebesar Bola Sepak Dirumah Warga

Aisyah Isyana - 17/01/2020 13:50

Beritacenter.COM - Petugas BPBD Lamongan melakukan evakuasi terhadap sarang tawon sebesar bola sepak diatas plafon rumah warga. Penghuni rumah dan warga setempat resah dengan keberadaan sarang tawon sebesar bola sepak tersebut.

Pembersihan terhadap sarang tawon itu dilakukan petugas usai mendapat laporan warga. Sarang tawon itu dievakuasi dari rumah warga bernama Sutarjo, di Perumda Deket, Kecamatan Deket. Petugas sempat kesulitan melakukan evakuasi, lantaran posisi sarang tawon yang berada diatas plafon rumah dan dibawah dinding cor.

"Karena posisinya di atas plafon di dak cor sehingga kami sempat kesulitan untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin kepada wartawan di lokasi, Jumat (17/1/2020).

Guna melakukan evakuasi, petugas terpaksa membuat luabang kecil di plafon rumah. Tak hanya itu, petugas juga membawa mobil ranger BPBD masuk ke rumah yang dibuat sebagai pijakan untuk menjangkau sarang tawon tersebut.

"Ini sulit karena tingginya lokasi dan banyak kabel," ucap Muslimin.

Pembersihan terhadap sarang tawon itu dilakukan dengan menggunakan tangan, lantaran sarang tawon yang berada di tempat sempit dan terhalanga. Beberapa lebah berukuran besar dengan warna hitam pekat sempat keluar dari sarang tawon tersebut.

Saat melakukan pembersihan, petugas BPBD Lamongan menggunakan pakaian pelindung dilengkapi sarung kepala serta masker wajah. "Sudah sekitar 2 bulanan ada sarang tawon. Selama ini sengatan ke warga enggak ada sih, cuma takut saja," kata pemilik rumah.

Petugas BPBD Lamangan telah melakukan evakuasi sarang tawon dirumah warga untuk yang kesekian kalinya. Sebelumnya, petugas telah melakukan evakuasi sarang tawon di rumah dan perkarangan warga.

"Ada yang lokasinya berada di bawah atap rumah sehingga kami menggunakan tangga, ada juga yang kami panjat pohon karena sarang tersebut berada di atas pucuk pohon," jelasnya.




Berita Lainnya

Gempa 4,2 Magnitudo Guncang Wilayah Jambi

01/10/2020 19:22 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA