Sunday, 05 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Menhan Berencana Beli Kapal Baru Buat Jaga Perairan Natuna

Indah Pratiwi - 17/01/2020 07:45

Beritacenter.COM - Pemerintah akan berbelanja kapal patroli untuk ditempatkan di Laut Natuna Utara. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui juru bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku akan menambahkan armada guna keamanan laut Indonesia.

Anggaran pembelian kapal patroli tersebut pun dijanjikan segera dicairkan untuk memperbanyak armada kapal patroli. Memperkuat armada penjaga laut di Natuna Utara merupakan salah satu solusi terbaik dalam menjaga wilayah hak berdaulat Indonesia dari ancaman luar.

Kapal-kapal Bakamla dianggap tidak cukup kuat untuk menandingi kecanggihan coast guard milik China yang datang untuk mengawal kapal-kapal pencuri ikan di Natuna.

Saat ini ada tiga kapal perang dikirim ke Natuna, yakni KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359, dan KRI Jhon Lie 358. Namun, pertanyaannya, apa tepat kapal perang TNI AL dikerahkan ke wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang sejatinya “hanya” merupakan wilayah hak berdaulat Indonesia?

Hak Indonesia atas Natuna Utara ini ada pada United Nations Convention for the Law of the Sea (UNCLOS) atau Konvensi Hukum Laut PBB 1982.

Apabila wilayah teritorial maupun ZEE diganggu asing, memang sudah wajib hukumnya berperang. Adapun dalam konteks ketegangan di Laut Natuna Utara saat ini, belum terjadi pelanggaran atas kedaulatan Indonesia.

 




Berita Lainnya

MUI Diminta Keluarkan Fatwa Haram Mudik

03/04/2020 22:02 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA