Friday, 03 Apr 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Dari Penyakit Seksual Hingga Penghalus Wajah

Anas Baidowi - 16/01/2020 11:22

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Belimbing wuluh nampaknya memiliki manfaat luar biasa selain digunakan sebagai tambahan beberapa masakan seperti sayur asem. Buah kecil mungil ini memiliki rasa asam cukup kuat sehingga tidak mungkin langsung dikomsumsi layaknya buah-buahan yang lain.

Dibalik rasa asam belimbing wuluh memiliki manfaat yang bisa membantu kesahatan tubuh anda. Tanaman dengan nama latin Averrhoa bilimbi ini mengandung nutrisi penting seperti vitaminC, zat besi, vitamin B2 dan B3 serta fosfor.

Berikut manfaat belimbing wuluh buat kesehatan anda:

Kontrol gula darah

Konsumsi belimbing wuluh baik untuk mereka yang mengidap diabetes. Penyebab utama diabetes adalah tubuh tidak cukup memproduksi insulin untuk mengontrol penyerapan gula. Studi membuktikan konsumsi jus belimbing wuluh secara teratur bisa meningkatkan produksi insulin.

Di samping itu, belimbing wuluh memiliki indeks glikemik rendah sehingga konsumsi buah ini tidak akan mempengaruhi kadar gula darah.

Atasi alergi

Tidak betah dengan alergi? Belimbing wuluh bisa membantu meringankan kondisi alergi Anda. Kondisi alergi disebabkan reaksi imun tubuh terhadap sesuatu yang asing di luar tubuh.

Tubuh menunjukkan reaksi dengan kulit kemerahan, gatal, mata merah, napas terganggu, atau bersin-bersin. Alergi biasanya disebabkan makanan, obat, udara atau obat. Cukup minum jus belimbing wuluh atau jus daun belimbing wuluh untuk membantu mengatasi alergi.

Kontrol tekanan darah

Belimbing wuluh sejak lama digunakan untuk mengontrol tekanan darah terutama untuk mereka yang memiliki hipertensi. Anda cukup merebus belimbing wuluh bersama tiga cangkir air hingga setengah air tersisa. Direkomendasikan untuk minum rebusan belimbing wuluh tiap pagi.

Memperkuat imun

Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh menjadikan buah satu ini sebagai penguat sistem imun tubuh. Belimbing wuluh mengandung 15,5 miligram vitamin C atau sekitar 17,22 persen dari kebutuhan harian.

Saat tubuh diserang penyakit seperti flu, batuk, demam atau gejala infeksi, konsumsi belimbing wuluh bisa membantu pemulihan tubuh.

Bantu atasi penyakit menular seksual

Melansir dari Dr Health Benefit, di Malaysia belimbing wuluh dimanfaatkan untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS). Belimbing wuluh yang sudah dikeringkan direbus bersama tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan ini kemudian dikonsumsi selama beberapa hari.

Atasi jerawat

Untuk kulit cerah bebas jerawat, cukup racik masker dari belimbing wuluh. Kandungan oxalic dan vitamin A membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit. Sedangkan vitamin C membantu mencerahkan kulit, mengurangi noda hitam dan mendorong produksi kolagen.

Saat ada masalah jerawat, tumbuk belimbing wuluh dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 30 menit hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari, setidaknya tiga hari. Penggunaan secara teratur akan membuat wajah lebih cerah, segar dan muda.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Meski rasa asamnya kadang sulit ditoleransi, konsumsi belimbing wuluh bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Belimbing wuluh mengandung serat sehingga pencernaan lancar juga mencegah konstipasi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA