Sunday, 19 Jan 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Dewas KPK Tegaskan Tak Melemahkan Kinerja KPK

Lukman Salasi - 14/01/2020 15:51

BeritaCenter.COM – Dewan Pengawas (Dewas) KPK menegaskan keberadaannya yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tidak untuk melemahkan kinerja KPK.

Hal ini disampaikan sebagai bantahan atas tudingan bahwa Dewas KPK dianggap hanya akan mempersulit dan memperlemah KPK.

"Mungkin yang hendak ketahui adalah masalah pemberian izin penggeledahan, penyadapan, dan penyitaan, tapi sebelum itu saya sampaikan bahwa kehadiran Dewas dalam KPK ini tidaklah bermaksud untuk mempersulit atau melemahkan atau menghalangi kinerja KPK," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean di gedung ACLC KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Tumpak mengatakan kelima anggota Dewas KPK sangat mendukung semua kinerja yang dilakukan oleh KPK asalkan sesuai prosedur. Ia juga menjamin setiap kegiatan yang dilakukan KPK tidak bertentangan dengan hukum.

"Kami komitmen berlima mendukung semuanya apa yang dilaksanakan oleh KPK tapi tentunya harus berdasarkan ketentuan hukum yang ada. Jadi kami memberikan jaminan terhadap apa yang dilakukan oleh KPK itu memang sudah selaras tidak bertentangan dengan hukum yang ada," tuturnya.

Dalam aturan UU KPK yang baru itu salah satu tugas Dewas KPK yakni memberikan izin penyadapan, penggeledahan dan penyitaan. Proses penyadapan, penggeledahan dan penyitaan itu menjadi bagian penting dari upaya penindakan yang dilakukan KPK, salah satunya operasi tangkap tangan (OTT).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA