Sunday, 19 Jan 2020
Temukan Kami di :
Teknologi

Ngeri! Hacker Rusia Bobol Jaringan Perusahaan Migas Ukraina

Anas Baidowi - 14/01/2020 12:15

Beritacenter.COM - Perusahaan keamanan siber bernama Area 1 menemukan adanya hacker asal Rusia yang menyusupi jaringan komputer milik perusahaan migas Ukraina bernama Burisma.

Seorang pegawai Burisma mengaku tertipu dan memberikan akses login ke komputernya lewat sebuah situs palsu yang dibuat oleh GRU, intelijen militer Rusia. Situs tersebut didesain untuk terlihat sangat mirip dengan situs yang sehari-hari diakses oleh para pegawai Burisma.

Dilansir New York Times, Selasa (14/1/2020), serangan phishing itu dimulai sejak awal November, tepatnya saat pemberitaan di AS diramaikan oleh pemakzulan Donald Trump.

Sebenarnya, menurut pengamat keamanan siber yang berbicara kepada CNN, ini bukan pertama kalinya hacker Rusia meretas Burisma. Hacker Rusia memang disebutnya sangat agresif dalam melakukan serangan siber di Ukraina.

Tapi peretasan kali ini jadi perhatian karena nama Burisma yang dikaitkan dengan Presiden Trump dan Pilpres AS 2020. Ditambah lagi tudingan terhadap Rusia yang sering turut campur terhadap urusan Pilpres di AS.

Burisma sendiri adalah perusahaan yang tengah ramai jadi bahan perbincangan karena terkait dengan pemakzulan Presiden AS Donald Trump. Trump diketahui beberapa kali menelpon Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk memaksanya menyelidiki kasus korupsi yang diduga dilakukan salah satu komisaris di Burisma, yaitu Hunter Biden.

Hunter Biden ini adalah anak dari Joe Biden, wakil presiden AS selama periode 2009-2017, dan bakal menjadi rival utama Trump dalam Pilpres AS 2020. Paksaan Trump ini diikuti dengan ancaman menahan bantuan USD 250 juta untuk militer Ukraina




Berita Lainnya

NSA Temui Kesalahan Besar Dalam OS Windows 10

16/01/2020 06:51 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA