Sunday, 25 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Bahas Pilkada-OTT Wahyu Setiawan, KPU-DKPP Dipanggil Komisi II DPR

Lukman Salasi - 14/01/2020 10:48

BeritaCenter.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi salah satu pihak yang dipanggil Komisi II DPR RI selain Bawaslu dan DKPP. Pemanggilan tersebut berkiatan dengan agenda rapat bersama yang juga membahas kasus OTT komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Pukul 14.00 WIB kita undang KPU, Bawaslu dan DKPP. Agenda persiapan pilkada serentak 2020 dan juga membahas isu-isu aktual," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi kepada wartawan, Selasa (14/1/2020).

"Isu aktual yang tentu akan ditanyakan mengenai peristiwa OTT yang menyeret komisioner KPU Wahyu Setiawan," jelas Arwani.

Arwani mengaku akan mendalami persoalan pengganti antarwaktu (PAW) DPR yang membuat Wahyu Setiawan ditangkap KPK. Beberapa aspek bakal ditanyakan dalam rapat nanti.

"Kami akan pertanyakan mekanisme di internal dalam urusan PAW anggota DPR dan lain-lain. Bagaimana mekanisme pengawasan di internal. Bagaimana langkah KPU secara konkret agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi," jelas Arwani.

Arwani percaya, selama sistem dibentuk dengan baik, akuntabel dan transparan, praktik suap seperti yang melibatkan Wahyu Setiawan bakal tertolak dengan sendirinya. Oleh karenanya, dia menyebut perbaikan dan pembentukan sistem di internal KPU harus segera dilakukan

Dia menyebut stakeholder atau pemangku kepentingan pemilu lainnya seperti Bawaslu dan DKPP juga harus aktif agar masalah serupa tidak terulang kembali. Lebih jauh Waketum PPP itu menegaskan tak ingin merendahkan KPU atas kasus yang membelit Wahyu Setiawan.

"Kami tidak setuju dengan gagasan men-donwgrade seluruh komisioner KPU terkait peristiwa OTT ini. Apalagi, masalah ini telah masuk dalam ranah penegakan hukum," tegas Arwani.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA