Thursday, 06 Aug 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Laut Natuna Masih Diganggu Kapal China, Jepang Kasih Kapal Pengawas ke Indonesia

Indah Pratiwi - 14/01/2020 09:13

Beritacenter.COM - Terusiknya Indonesia dengan kapal China di perairan Natuna membuat pemerintah Jepang berempati dengan memberikan kapal pengawas perikanan kepada Indonesia.

Dilansir Setkab, Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Motegi Toshimitsu menyampaikan rencana pemberian kapal pengawas itu saat melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta pada Jumat(10/1/2020) kemarin.

BACA JUGA 

"Khusus untuk Natuna, selain industri perikanan, Jepang akan membantu hibah kapal pengawas perikanan dan jajaki pengembangan industri pariwisata,” kata Menlu Retno.

Dengan dukungan Jepang untuk prioritas Pemerintah Indonesia di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan akan terus memperluas investasinya di wilayah Natuna.

"Saya mengundang Jepang untuk mengembangkan konsep smart metropolis ibu kota baru, seperti klaster pendidikan (science city) dan kota berdimensi hutan (forest city)," ujar Retno.

Selain itu, Jepang Motegi mengungkapkan akan memberi dukungan program prioritas Indonesia menjadi SDM unggul. Kedua negara juga akan terus meningkatkan kerja sama di bidang lainnya.

"Jepang siap berikan dukungan untuk pengembangan pelatihan vokasi dan pelatihan Bahasa Jepang, termasuk bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) dan tenaga kerja terampil Indonesia yang akan dikirim ke Jepang," kata Menlu Motegi.

Bukan itu saja, kedua negara juga melihat situasi di kawasan dan global, antara lain kerja sama Indo-Pasifik, Rakhine State, situasi di Timor Tengah dan Laut China Selatan(LCS). Jepang merupakan mitra dagang dan investasi terbesar kedua Indonesia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA