Monday, 06 Jul 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

Kasus Jiwasraya Memiliki Potensi yang Berdampak Sistematik

Dari hasil tersebut, BPK mengungkapkan jika kasus Jiwasraya memiliki potensi yang berdampak sistematik.

Sari Intan Putri - 08/01/2020 16:42

Beritacenter.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah mengumumkan audit investigatif pendahuluan dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu terhadap PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Dari hasil tersebut, BPK mengungkapkan jika kasus Jiwasraya memiliki potensi yang berdampak sistematik.

"Kita harus memiliki kebijakan yang hati-hati. Kasus ini cukup besar, skala identik sehingga memiliki risiko sistemik. Kami ambil kebijakan, masalah PT Jiwasraya akan kami ungkap, yang bertanggung jawab akan kita identifikasi, yang pidana atau niat jahat dilakukan (pengungkapan oleh) aparat penegakan hukum, biar lah diproses penegakan hukum," kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna.

Lebih lanjut Agung juga mengatakan jika BPK telah mengambil kesimpulan bahwa telah terjadi penyimpangan investasi dalam bentuk saham dan reksa dana, sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara. Soal jumlah kerugian negara dari kasus Jiwasraya, pihaknya masih melakukan perhitungan hingga 2 bulan ke depan.

"(Kerugian) baru dapat ditentukan setelah BPK investigasi kerugian negara, ini butuh waktu dan selesai dalam waktu sekitar 2 bulan," kata agung.




Berita Lainnya

Dampak Covid-19, Harga Emas Makin Mahal

15/06/2020 11:03 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA