Friday, 30 Oct 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Keren! Megawati Terima Gelar Dr HC Ke-9, Kini Dari Universitas Soka Jepang

Lukman Salasi - 08/01/2020 11:50

BeritaCenter.COM – Universitas Soka, Tokyo, Jepang menganugerahkan gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang kemanusiaan kepada mantan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Gelar doktor kehormatan ini merupakan yang ke-9 yang diterima Megawati.

Upacara penganugerahan digelar di Gedung Utama Universitas Soka, Rabu (8/1/2020). Megawati duduk di jajaran depan bersama Rektor Universitas Soka, Yoshihisa Baba mengenakan toga hitam dengan kebaya marun terusan batik.

Pemberian gelar dimulai dengan pidato Yoshihisa yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya terhadap Megawati.

"Kami merasa terhormat dan gembira karena dapat menganugerahkan doktor honoris causa kepada Ibu Megawati. Gelar ini direkomendasikan langsung oleh Presiden Soka Daisaku Ikeda," ujar Yoshihisa.

Yoshihisa usai upacara penganugerahan menjelaskan alasan gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan diberikan untuk Megawati. Dia mengatakan, putri Proklamator RI, Bung Karno ini memiliki kapasitas di bidang kemanusiaan. Terlebih, Megawati juga sebagai Presiden Ke-5 Indonesia.

"Kami sudah dengar bahwa Ibu Megawati sudah aktif untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan selama bertahun-tahun dan penghargaan yang kami sudah berikan kepada Ibu Megawati untuk menghormati kagiatan-kegiatan atau perjuangan yang sudah Ibu Megawati lakukan selama ini. Maka itu kami berikan penghargaan honoris causa," ucap Yoshihisa melalui penerjemahnya.

Yoshihisa menambahkan, Megawati juga dinilai memiliki kesamaan dengan pendiri Universitas Soka yang mengedepankan kemanusiaan.

"Dan keyakinan yang dimiliki Ibu Megawati persis sama dengan keyakinan yang dimiliki pendiri Universitas Soka yaitu kemanusiaan, berdasarkan filosofi kemanusiaan sudah aktif di berbagai bidang, maka itu kami ingin menganugerahkan honoris causa kepada ibu Megawati," tutur dia.




Berita Lainnya

PBB Juga Kecam Penerbitan Kartun Nabi Muhammad

29/10/2020 12:38 - Lukman Salasi

Sejarah : Orang Yang Mengusulkan Nama Gelora Bung Karno

29/10/2020 09:50 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA