Saturday, 24 Oct 2020
Temukan Kami di :
News

Menutupi Jalan, Lumpur Sisa Banjir di Villa Nusa Indah Bogor Masih Sebetis

Aisyah Isyana - 06/01/2020 11:15

Beritacenter.COM - Lumpur sisa banjir bandang yang menerjang perumahan Villa Nusa Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, awal Januari 2020, masih jadi pemandangan kontras yang memenuhi jalan. Ketinggian lumpur bahkan setinggi betis orang dewasa.

Lumpur itu terpantau memenuhi jalanan blok Y12, RT 5/24, perumahan Villa Nusa Indah, membuat kendaraan seperti motor dan mobil tak dapat melitas. Terlebih, lumpur yang cukup tebal menumpuk itu juga mengeluarkan bau tak sedap.

Tak hanya lumpur tebal yang memenuhi jalan, tampak pula sejumlah rongsokan seperti lemari, kasur, pot tanaman, baju, mesin cuci, hingga kompor berserakan di halaman rumah warga. Lumpur-lumpur itu juga tampak menyelimuti peraboton rumah.

Guna membersihkan sisa-sisa banjir di lokasi, sejumlah warga tampak mengangkat lumur menggunakan karung goni dan dibuang di samping rumah. Adapula warga yang mecoba membersihkan lumpur di jalan dengan menggunakan tongkat keruk.

Namun, mereka tampak kesulitan bergerak lantaran tebalnya lumpur yang berada di kaki mereka. Lumpur-lumpur itu juga menutupi jalanan hingga membuat batas parit dan jalan sudah tak tampak lagi. Banyak pula tikus berlarian di pinggir-pinggir rumah warga.

Menurut salah satu warga setempat, Indra, lumpur sudah mengendap sejak 2 Januari lalu. "Di dalam rumah sih sampai masuk, sampai sebetis," ujar Indra ketika ditemui detikcom.

Sembari membersihkan sisa-sisa lumpur dari dalam rumahnya, Indra mengaku jika lumpur itu telah membuat sejumlah perabotnya rusak. Dia juga merinci kerugian akibat banjir yang membuat sejumlah perabotannya rusak.

"Mungkin (total kerugian) Rp 100-200 juta karena yang kena kebanyakan alat-alat elektronik ya TV di dalam ada 3, terus kulkas, kompor, kemudian motor (ada) 2, AC (ada) 3," ujar Indra.

Sementara itu, warga lainnya bernama Dewi juga mengaku kesulitan membersihkan lumpur di sekitar rumahnya. "Akses keluar-masuknya (rumah) masih susah karena kayak begini (lumpur)," tutur Dewi.




Berita Lainnya

Hina NU, Gus Nur Ceming Saat Ditangkap Polisi

24/10/2020 15:59 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA