Saturday, 11 Apr 2020
Temukan Kami di :
Nasional

TNI Gelar Operasi Siaga Tempur Terkait Klaim China Atas Laut Natuna

Aisyah Isyana - 03/01/2020 19:55

Beritacenter.COM - TNI akan melakukan operasi siaga tempur terkait adanya pelanggaran China atas batas wilayah di Laut Natuna. Terlebih, dalam hal ini pemerintah Indonesia sudah menegaskan jika China telah melanggar batas wilayah Laut China.

Dikatakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Yudo Margono, operasi siaga tempur dilakukan Koarmada 1 dan Koopsau 1 berikut Alutsista yang dikerahkan yakni, tiga KRI dan satu Pesawat intai maritim dan satu pesawat Boeing TNI AU. Masih ada dua KRI lagi yang tengah dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna.

Baca juga : 

"Selanjutnya dikatakan Pangkogabwilhan I bahwa operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) laut Natuna Utara," ungkap keterangan tertulis yang disampaikan Kabid Penum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman, Jumat (3/1/2020).

Yudo mengatakan, wilayah perairan Natuna Utara belakangan menjadi sorotan usai China mengklaim perairan itu sebagai wilayahnya. Untuk itu, operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai 2020.

"Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi menyebut pemerintah akan mengambil langkah tegas terkait klaim China yang menyebut Laut Natuna sebagai teritorial mereka. Retno menegaskan jika kapal China telah melanggar Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) RI.

"Bahwa kami baru saja melakukan rapat koordinasi untuk menyatukan dan untuk memperkuat posisi Indonesia dalam menyikapi situasi di Perairan Natuna," ujar Retno setelah mengikuti rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (3/1).




Berita Lainnya

Ada Ribuan ABK WNI Dipulangkan ke Tanah Air

09/04/2020 20:38 - Indah Pratiwi

Siap-siap Program Kartu Pra Kerja Akan Dibuka

09/04/2020 16:55 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA