Wednesday, 08 Apr 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Khusus Ibu Hamil, Begini Caranya Menghilangkan Stres

Indah Pratiwi - 23/12/2019 13:05

Beritacenter.COM - Stres saat hamil berdampak negatif terhadap janin, jadi sebisa mungkin ibu hamil menghindari rasa stres meski hal itu menjadi hal yang wajar bagi ibu hamil. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan asuransi di Amerika Serikat, sebanyak 64 persen wanita hamil mengaku kerap dilanda stres ketimbang sebelum hamil.

Stres saat hamil dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah perubahan hormon, perubahan bentuk tubuh, rasa tidak nyaman yang disebabkan mual, kelelahan, sakit punggung dan kekhawatiran terhadap kondisi janin.

Meski stres dibilang hal yang wajar pada saat hami, kondisi ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena akan berdampak negatif terhadap ibu dan juga janin yang tengah dikandungnya.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres saat hamil?. Berikut caranya:

Istirahat Yang Cukup
Rasa lelah pada ibu hamil juga jadi penyebab dirinya stres. Jadi wanita hamil disarankan untuk beristirahat yang cukup, jangan memaksakan diri untuk tetap melakukan aktivitas karena ini sama saja membuat stres malah semakin menjadi-jadi.

Jika memiliki waktu istirahat yang ideal, wanita hamil akan terhindar dari rasa stres berkelanjutan sehingga kesehatannya dan buah hatinya tetap terjaga.

Makan Tetatur
Makan tetatur juga bisa membantu ibu hamil menghilangkan stres. Hal penting juga, makanan yang dikonsumsi harus dipastikan kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh dirinya dan janin.

Olahraga Ringan
Aktivitas fisik cukup efektif menghilangkan stres. Berolahraga sudah terbukti secara ilmiah mampu membantu tubuh melepaskan hormon dipamin alias hormon 'bahagia' sehingga otomatis menghilangkan stres, termasuk stres yang terjadi selama periode kehamilan.

Perlu diingat. aktivitas yang perlu dilakukan adalah bukan olahraga berat yang memiliki resiko bagi ibu hamil tapi berolahraga ringan.

Meditasi
Selain berolahraga ringan, bermeditasi adalah cara menghilangkan stres saat hamil lainnya yang bisa Anda coba.

Meditasi membantu Anda untuk bisa lebih rileks dan membuang segala pikiran negatif yang selama ini menghantui dan menyebabkan timbulnya rasa stres.

Luangkanlah waktu di pagi hari untuk melakukan meditasi singkat selama kurang lebih 10 menit. Lakukan kegiatan ini di tempat yang sepi seperti halaman belakang rumah maupun ruang kamar. Khusus untuk kamar, Anda bisa menambahkan aromaterapi untuk mengoptimalkan suasana rileks.

Pijat Refleksi
Timbulnya rasa stres saat hamil juga kerap diiringi oleh tegangnya otot-otot tubuh yang lantas berdampak pada timbulnya rasa lelah dan nyeri. Jika sudah begini, maka salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pijat refleksi.

Menurut direktur medis dari The Atlantic Mind Body Center di New Jersey, AS, yakni Ann Cotter, MD, pijat efektif untuk membantu menciptakan efek rileks pada ibu hamil yang tengah dilanda stres. Hal ini dikarenakan pijat menurunkan tekanan darah tinggi, mengendalikan detak jantung, dan mengatur pernapasan menjadi lebih baik.

Terapi pijat juga membantu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin yang menciptakan efek bahagia dan menenangkan.

Berpikir Positif
Stres saat hamil yang Anda alami juga bisa bermula dari pikiran-pikiran negatif, sebut saja terlalu khawatir akan kesehatan bayi, kemampuan untuk menjadi orang tua yang baik, hingga keadaan finansial guna menunjang kebutuhan buah hati Anda nantinya.

Nah, sebaiknya cobalah mulai dari sekarang untuk membuang jauh-jauh pikiran negatif tersebut atau setidaknya jangan dipikirkan berlarut-larut. Sebaliknya, mulailah berpikir positif dan menganggap bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Segala kekhawatiran tersebut mungkin memang tidak bisa dihindari, namun coba pikirkan diri Anda dan janin yang tengah dikandung. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, dampaknya juga tidak bagus untuk diri sendiri dan calon buah hati, bukan?

Jalin Komunikasi dengan Orang Terdekat
Berkaitan dengan poin sebelumnya, menjalin komunikasi dengan orang terdekat terutama pasangan juga bisa menjadi penangkal rasa stres saat hamil yang tengah melanda diri Anda.

Anda tentu memerlukan dukungan orang lain dalam menjalani masa kehamilan sampai waktu kelahiran tiba. Mencurahkan segala isi hati kepada orang terdekat terbukti mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Selain dengan pasangan, Anda pun disarankan untuk bersosialisasi dengan orang-orang terdekat lainnya seperti orang tua, saudara kandung, hingga sahabat.

Mempersiapkan Kelahiran dengan Matang
Kurangnya persiapan menghadapi kelahiran acap kali menimbulkan kecemasan tersendiri bagi ibu hamil yang lantas berujung pada timbulnya rasa stres.

Oleh karena itu, Anda dan pasangan sudah selayaknya mempersiapkan kelahiran dengan baik agar kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir. Galilah informasi sebanyak mungkin seputar kehamilan dan kelahiran.

Rehat Sejenak dari Aktivitas
Apabila Anda juga seorang pekerja aktif, rutinitas pekerjaan yang padat dan kehamilan adalah dua hal yang hampir pasti menyebabkan timbulnya rasa stres.

Maka dari itu, cara menghilangkan stres saat hamil dalam konteks ini adalah dengan rehat sejenak dari rutinitas kantor. Anda bisa memanfaatkan jadwal cuti untuk meluangkan waktu guna sekedar merelaksasi diri.

Atau, jika selama ini Anda selalu melewati rute yang sama untuk menuju kantor, mungkin rutenya bisa coba diganti. Hal ini agar Anda tidak merasa jenuh melakukan rutinitas yang sama setiap harinya.

Dengan mencoba sesuatu yang baru, diharapkan rasa jenuh hilang dan suasana hati (mood) Anda akan kembali membaik.

Mencari Tahu Apa yang Membuat Stres
Ada beragam faktor yang menjadi penyebab stres saat hamil, namun mana yang Anda alami?

Nah, mengetahui tahu apa yang selama ini menyebabkan Anda stres saat hamil dapat membantu Anda untuk bisa fokus dalam mencari cara untuk mengatasi rasa stres itu sendiri. Guna mendukung hal ini, lakukan cara menghilangkan stres saat hamil di poin ke-7 yaitu bersosialisasi dengan orang-orang terdekat guna meminta saran.

Jika cara-cara tersebut sudah dicoba dan tidak mampu menghilangkan stres, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Mungkin ada faktor-faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya rasa stres dan perlu penanganan medis secara khusus guna mencari tahu penyebab serta cara menghilangkannya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA