Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
News

Soal Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kapolres Metro Jakut: Tak Ada Pelibatan FPI

Kami tidak melibatkan FPI. Dalam apel gelar pasukan kemarin yang digelar, FPI juga tidak datang karena memang tidak diundang juga dari awal

Aisyah Isyana - 21/12/2019 01:11

Beritacenter.COM - Polres Metro Jakut meluruskan pemberitaan terkait adanya pelibatan ormas dalam penanganan Natal dan Tahun Baru. Meski ada pelibatan ormas, Kapolres Metro Jakut Kombes Budhi Herdi Susianto memastikan jika pihaknya tak melibatkan FPI.

"Kami tidak melibatkan FPI. Dalam apel gelar pasukan kemarin yang digelar, FPI juga tidak datang karena memang tidak diundang juga dari awal," kata Kombes Budhi lewat telepon, Jumat (20/12/2019).

Baca juga :

Budhi mengatakan, ormas yang turut terlibat dalam pengamanan natal dan tahun baru yakni diantaranya, Forum Betawi Rempug (FBR), Pemuda Pancasila (PP), hingga Banser. Dia menyebut pelibatan ormas sudah melalui perencanaan yang sangat matang, yakni melalui rapat koordinasi.

Tak hanya itu, polisi juga menggelar apel gelar pasukan guna pemeriksaan fisik bagi para anggota ormas yang nantinya dilibatkan.

"Jadi dari awal FPI memang tidak pernah dilibatkan," ujarnya menegaskan.

Budhi menegaskan jika pelibatan ormas dalam pengamanan tidak sembarangan. Ormas-ormas yang dilibatkan, nantinya akan diberikan tanda pengenal khusus. Menurutnya, hal itu dilakukan agar seluruh orang yang dilibatkan dapat terpantau dan tak ada oknum-oknum yang mengaku-ngaku.

"Nanti setiap ormas atau setiap pengamanan di luar TNI-Polri dan instansi terkait, seperti pemda, itu kami kasih tanda pengenal khusus yang diberikan Polres Metro Jakarta Utara. Mereka semua di bawah koordinasi Polres Metro Jakarta utara. Jadi tidak ada nanti pengamanan yang ujug-ujug tanpa tanda pengenal, itu kami nyatakan liar. Semua sudah ada daftar personelnya, nama-namanya," ucapnya.

"Semua ormas yang dilibatkan terkontrol. Ganti nama pun nggak bisa karena tanda pengenalnya sudah ada namanya dan nama ormasnya," sambung Kombes Budhi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA