Friday, 03 Jul 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Pastikan Keamanan dan Tak Ada Sweeping Jelang Natal, Panglima TNI dan Kapolri ke Surabaya

Lukman Salasi - 18/12/2019 11:37

BeritaCenter.COM – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis berkunjung ke Kodam V Brawijaya, Surabaya. Kunjungan itu dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Idham Azis tiba di Kodam V Brawijaya, Wonokromo, Kota Surabaya, pukul 09.30 WIB, Rabu (18/12/2019). Mereka disambut ratusan anggota TNI-Polri yang telah bersiaga di dalam gedung.

Panglima TNI meminta masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Namun peran warga bukan sebagai aparat, melainkan hanya sebagai bentuk partisipasi terhadap keamanan lingkungan.

"Sebelumnya di beberapa tempat sudah ada remaja masjid yang membantu mengamankan kegiatan ibadah di gereja-gereja, membantu mengatur parkir dan lalu lintas. Demikian pula dengan perayaan Hari Raya lainnya. Kebiasaan tersebut merupakan langkah yang positif dan perlu dipupuk," kata Hadi.

Menurutnya, partisipasi masyarakatperlu didampingi TNI-Polri. Dikhawatirkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan masyarakat dapat mengarah ke tindakan sweeping.

"Partisipasi tersebut harus tetap didampingi oleh TNI dan Polri agar tidak timbul kesalahpahaman. Kita tidak ingin timbul sweeping yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat, karena razia adalah wewenang dari institusi Pemerintah. Selain itu sebagai aparat yang terlatih, TNI dan Polri tentu saja memiliki kemampuan dan terlatih dalam menghadapi berbagai situasi," ucap Hadi.

Ia meminta anggota TNI-Polri untuk bekerja keras untuk menjamin keamanan perayaan Natal dan tahun baru.

"TNI dan Polri harus menjamin stabilitas nasional dan menjamin kedua event tersebut berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib. Inilah pengorbanan dan tuntutan tugas kita semua," tutur Hadi.

Kapolri Jenderal Idham Azis juga berpesan anggota TNI-Polri harus ikhlas bekerja demi masyarakat. Ia menyebut masyarakat menaruh harapan yang besar kepada TNI-Polri dalam menjaga keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Saya ingin berpesan bahwa dipundak kita TNI dan Polri, pemerintah dan negara menaruh harapan besar agar pengamanan Nataru dan libur panjang akan terlaksana dengan baik aman dan tertib untuk itu dibutuhkan kekompakan, soliditas dalam membangun komunikasi yang baik," ujarnya.




Berita Lainnya

ADIL DALAM LIHAT RUU HIP

30/06/2020 14:50 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA