Saturday, 16 Jan 2021
Temukan Kami di :
News

Mudik Natal dan Tahun Baru, Warga di Jakut Boleh Titip Rumah ke Polisi

Aisyah Isyana - 17/12/2019 21:55

Beritacenter.COM - Pihak kepolisian mengimbau masyarakat agar tak khawatir dan tak perlu cemas untuk meninggalkan rumah, jika hendak mudik perayaan natal dan tahun baru. Polisi bahkan memperbolehkan warga di Jakarta Utara untuk menitipkan rumahnya ke Polsek dan Polres setempat.

"Kalau kita belajar dari pengamanan-pengamanan sebelumnya, mungkin mudik di pergantian tahun ini tidak sebesar pada saat lebaran," jelas Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi kepada wartawan di kantornya, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Selasa (17/12/2019).

Baca juga :WN Korea Pacu Mobil Lawan Arus di Kelapa Gading Tabrak Gerobak Bubur Ayam

"Tapi, tetap saja kita mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk menitipkan tempat tinggalnya kepada kami mulai dari lingkungan di sekitar RT/RW, kemudian ke Polsek, Polres, silakan dititipkan dan kami kalau diberi tahu ataupun tidak diberi tahu kami akan melakukan pengamanan," sambungnya.

Polisi sendiri menggelar opersi khusus bersadikan 'Lilin Jaya 2019' jelang perayaan hari raya Natal dan tahun baru. Tak hanya menjaga perumahan penduduk, polisi juga memfokuskan pengamanan terhadap gereja-gereja.

"Kita mengamankan karena di Jakarta Utara kalau tidak salah ada 253 gereja dan dari itu hampir seluruhnya melaksanakan kegiatan misa. Ada yang satu kali, ada yang lebih dari satu kali. Artinya, tentunya berapa pun mereka melaksanakan kegiatan, itu akan kita amankan," tuturnya.

Setelah perayaan natal, konsetrasi pengamanan polisi selanjutnya adalah pergantian tahun. Polisi akan mengamankan sejumlah tempat wisata hingga pusat perbelanjaan dan keramaian lainnya di Jakarta.

"Setelah tanggal 25 (Desember), fokus kita lebih pada perayaan pergantian malam tahun baru, di tempat-tempat objek wisata, kemudian di tempat-tempat pusat perbelanjaan yang menyelenggarakan dan juga di lokasi yang memang dipusatkan oleh pemerintah kota," imbuhnya.

Sedikitnya ada 2.000 personel gabungan dari Polres Metro Jakarta Utara, TNI, hingga Pemkot Jakut, yang akan dilibatkan dalam operasi tersebut. Polisi menyebut pihaknya akan Siaga 1 selama operasi berlangsung.

"Kalau dari Polres karena ini Operasi Saga 1 ya kita seluruhnya, sekitar 800 personel ditambah dari pengamanan TNI dan sebagainya total kurang lebih sekitar 2.000," sambungnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA