Saturday, 24 Oct 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Dibekuk di Bandara Kualanamu, DPO Narkoba Coba Sogok Petugas Imigrasi Rp2 M

Aisyah Isyana - 13/12/2019 16:11

Beritacenter.COM - Buron kasus narkoba berinisial A diamankan petugas Imigrasi di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Pelaku ditangkap setelah mendarat usai dari Malaysia. Begitu ditangkap, pelaku sempat mencoba menyuap petugas imigrasi Rp2 miliar.

"Petugas berhasil mengamankan seorang WNI yang menjadi DPO kasus narkotika pada Kamis (12/12) pukul 16.02 WIB mendarat dari Kuala Lumpur dengan menumpang maskapai Malaysia Airlines," kata Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, Jumat (13/12/2019).

Baca juga : 

Penangkapan terhadap A dilakukan petugas usai memindai paspor milik A. Setelah dipindai, seketika muncul tanda peringatan sistem jika nama yang bersangkutan itu identik masuk ke dalam daftar pencegahan.

"A berupaya melarikan diri dari konter dan dapat digagalkan karena penggelaran personel yang berlapis telah menjadi protap pada TPI Kualanamu," ujar Sam.

Setelah sempat berupaya kabur dan berhasil dibekuk tim Imigrasi, pelaku menyogok pertugas dengan menawarkan uang sebesar Rp2 miliar.

"Pada saat pemeriksaan, DPO tersebut mencoba menyuap petugas dengan menawarkan uang sebesar Rp 2 miliar. Di dalam ruangan tersebut, A juga menunjukkan saldo rekening sebesar Rp 10 miliar," cerita Sam.

Pelaku membujuk petugas untuk melepasnya dengan cara melihatkan saldo rekening Rp10 miliarnya melalui e-banking. Pelaku mengaku siap mentransfer uang itu kapan pun, namun petugas imigras didalam ruangan bergeming.

"Ketegasan petugas berhasil menggagalkan upaya penyuapan tersebut," kata Sam.

Pelaku pun tak dapat berkutik, hingga akhirnya petugas memanggil personel Polda Sulawesi Tengah untuk menjemput A. Terlebih, pelaku A ini merupakan buron narkoba dari Polda Sulteng yang sudah lama diburu.




Berita Lainnya

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga

24/10/2020 12:46 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA