Wednesday, 02 Dec 2020
Temukan Kami di :
News

Mahasiswa ke Nadiem: 'Merdeka Belajar' Hapus UN, Gak Sekalian Gitu Hapus Skripsi

Aisyah Isyana - 11/12/2019 19:29

Beritacenter.COM - Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan penghapusan Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang. Nadiem mengungkap hal itu dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (11/12).

Mesi menghapus UN, Nadiem juga tengah menyiapkan ujian pengganti, yakni Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Nadiem menyebut sistem itu tak hanya menilai siswa, namun juga mampu memetakan sekolah berdasarkan kompetensi materi yang diizinkan.

Baca juga : 'Merdeka Belajar' Mendikbud Nadiem, Hapus UN-Longgarkan Zonasi

"Asesmen Kompetensi Minimum, adalah kompetensi yang benar-benar minimum di mana kita bisa memetakan sekolah dan daerah berdasarkan kompetensi minimum apa itu materinya. Materinya yang bagian kognitif ada dua. Satu adalah literasi dan kedua adalah numerasi," jelas Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).

Kebijakan yang dibuat Nadiem itu mendapat berbagai respon positif dari warganet dunia maya, terutama mereka di kalangan pelajar. Tak sendikit dari mereka para pelajar berterima kasih atas kebijakan yang dibuat Nadiem.

"Terima kasih bapak @Nadiem_Makarim, Saya terharu dengan bapak yang satu ini," tulis warganet di akun Twitternya.

"MONANGEESS MAKASII PAK NADIEM.. TEAM KELAS 11 KITA BEBAS DARI UN" tulis akun Twitter warganet lainnya.

"w emang udah ngga sekolah lg, tp w selalu punya mimpi sektor pendidikan di negeri ini diperbaharui. Jd, w harap kebijakan melawan status quo ngga berpengaruh apapun ke posisi pak nadiem. Sekali lagi, terima kasih," tulis salah satu warganet.

Meski begitu, banyak pula netizen lainnya yang duduk di bangku kuliah tak mau kalah dengan para pelajar. Menyinggung soal penghapusan UN, netizen yang kuliah meminta Nadiem untuk turut menghapus skripsi.

"skripsi jg dong pak nadiem sebelum saya skripsian nih," tulis warganet. "Kenapa nggak skripsi aja sih pak yang dihapus :) @Nadiem_Makarim" tulis warganet lainnya.

"Pak nadiem apa ga mau sekalian hapus skrips? Semengat dah saya kuliah kalo skripsi dihapus" tulis warganet berharap skirpsi juga dihapus.

"Nadiem Makarim tetapkan program "Merdeka Belajar", salah satunya hapus UN. Ga sekalian gitu ada hapus skripsi.. :)"  




Berita Lainnya

Sekjen KKP serahkan Puluhan Arsip Statis ke ANRI

02/12/2020 14:05 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA