Wednesday, 29 Jan 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Disebut Tahun 2020 Indonesia Krisis Ekonomi, TNI: Kami Siap Bantu Pemerintah

Indah Pratiwi - 11/12/2019 11:37

Beritacenter.COM - Tentara Nasional Indoneaia (TNI) sangat siap membantu negara Indonesia untuk bisa melewati krisis ekonomi yang telah diprediksi oleh para pakar ekonomi bahwa tahun 2020 Indonesia akan memasuki masa krisis.

Hal ini dikatakan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo usai acara TNI AD di dalam Rapat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2020 di Balai Komando Makopassus, Cijantung, Selasa (10/12/2019).

“TNI siap membantu pemerintah dalam krisis ekonomi dengan membangun fasilitas, tidak saja jembatan, jalan, sarana ibadah, sara pendidikan juga tak kalah penting membangun pertanian,” kata Purnomo.

Dia menegaskan, pihaknya telah menyiapkan program TMMD dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian/Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah serta Komponen Bangsa lainnya agar bergotong-royong melewati masa krisis tersebut.

“Penentuan Sasaran dengan menggunakan “Bottom Up Planning System” yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral, karena melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat Kab/Kec sampai dengan tingkat desa,” katanya.

Pada tahun 2020, kata dia, pelaksanaan Rakornis TMMD akan bersinergi dengan Kementerian Perindustrian RI pada TMMD ke-107, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada TMMD ke-108 dan Kementerian ESDM RI pada TMMD ke-109.

“Sebagaimana hasil laporan Pati Koordinator Pengawasan dan Evaluasi PJO TMMD, yang merupakan hasil pelaksanaan pengawasan dan evaluasi ke semua wilayah Kodam, secara umum penyelenggaraan TMMD ke-104, ke-105 dan ke-106 tahun 2019 dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” katanya.

Hasil dari pekerjaan itu baik dari segi fisik dan non fisik TMMD tentunya telah banyak memberikan kontribusi positif di wilayah diantaranya pembukaan akses keterisoliran di berbagai wilayah dan membangkitkan kembali semangat gotong royong, semangat cinta tanah air khususnya di daerah perbatasan untuk bersama-sama membangun bangsa.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA